Asian Games 2018: Indonesia Dikalahkan Palestina 1-2

Metrobatam, Bekasi – Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan pada pertandingan keduanya di cabang sepakbola putra Asian Games 2018. Garuda Muda harus mengakui keunggulan Palestina dengan skor 1-2.

Menghadapi Palestina di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (15/8), Indonesia lebih dulu tertinggal oleh gol Oday Dabbagh di menit ke-16. Tapi, Indonesia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-23 melalui gol Irfan Jaya. Hingga selesainya babak pertama, skor masih sama kuat 1-1.

Palestina mencetak gol keduanya pada awal babak kedua. Gol Mohamed Darwish di menit ke-51 membuat Palestina unggul 2-1.

Indonesia berusaha keras untuk menyamakan skor di sisa waktu. Tapi, hingga peluit panjang berbunyi, gol yang dicari Indonesia tak tercipta.

Hasil ini menempatkan Indonesia di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin dari dua laga. Palestina memimpin dengan tujuh poin dari tiga laga. Di posisi kedua ada Hong Kong yang punya enam poin.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan melawan Laos pada Jumat (17/8).

Jalannya Pertandingan

Indonesia mencoba untuk langsung menekan Palestina begitu laga dimulai. Akan tetapi, Palestina lebih dulu mengancam gawang Indonesia.

Dalam sebuah serangan cepat pada menit kelima, Mahmoud Abuwarda menusuk ke kotak penalti Indonesia dan melepaskan tembakan kaki kiri ke tiang jauh. Beruntung buat Indonesia, tembakan Abuwarda masih sedikit meleset.

Palestina yang unggul postur mendapatkan peluang lagi beberapa menit kemudian. Namun, sundulan Abdallatif Albahdari meneruskan sebuah sepak pojok masih melambung.

Saat Indonesia tak kunjung mendapatkan peluang, Palestina mengancam gawang Indonesia lagi di menit ke-12. Tembakan keras Abuwarda dari luar kotak penalti mengarah ke sasaran, tapi bisa diamankan oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk Palestina pada menit ke-16. Handball Zulfiandi menjadi penyebabnya.

Mohamed Darwish maju sebagai eksekutor penalti tersebut. Tembakan Darwish sebenarnya bisa ditepis oleh Andritany ke tiang gawang, tapi bola muntah langsung disambar oleh Oday Dabbagh untuk menjebol gawang Indonesia. Palestina sementara memimpin 1-0.

Setelah ketinggalan, Indonesia berusaha untuk langsung membalas. Hansamu Yama punya peluang pada menit ke-21, tapi sundulannya meneruskan sebuah tendangan sudut melambung tinggi.

Indonesia bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-23 melalui gol Irfan Jaya. Lolos dari jebakan offside saat menerima umpan lambung, Irfan sekali menggocek bola di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. Tembakannya memaksa kiper Palestina, Rami Hamada, bertekuk lutut. Skor berubah jadi imbang 1-1.

Palestina nyaris unggul lagi pada menit ke-34. Mahmoud Yousef lolos dari perangkap offside dan melakukan penetrasi ke kotak penalti Indonesia. Yousef menembak ke tiang dekat, tapi masih bisa digagalkan oleh Andritany.

Untuk menambah daya gedor, pelatih Indonesia Luis Milla menarik keluar Septian David Maulana. Milla menggantinya dengan Ilham Udin Armaiyn.

Akan tetapi, perubahan itu belum membuahkan hasil hingga selesainya babak pertama. Skor masih sama kuat 1-1.

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Palestina memimpin 2-1 lewat gol Darwish. Usai mendapatkan umpan terobosan dari Abuwarda, Darwish dengan tenang menembak ke tiang dekat tanpa bisa dihentikan oleh Andritany.

Indonesia meningkatkan intensitas serangan setelah kembali tertinggal. Namun, rapatnya pertahanan Palestina menyulitkan tim tuan rumah.

Indonesia berpeluang menyamakan kedudukan lewat Rezaldi Hehanussa pada menit ke-74. Tapi, tendangan bebas Rezaldi masih sedikit melenceng.

Berselang lima menit, Indonesia mendapatkan peluang lagi. Namun, Stefano Lilipaly gagal menjangkau umpan lambung yang dikirimkan Saddil Ramdani.

Indonesia menekan Palestina habis-habisan di sisa waktu. Akan tetapi, hingga laga berakhir keunggulan Palestina tetap bertahan.

Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Bagas Adi Nugroho (Rezaldi Hehanussa 55′), Ricky Fajrin; Muhammad Hargianto, Septian David Maulana (Ilham Udin Armaiyn 38′), Zulfiandi; Febri Hariyadi, Irfan Jaya (Saddil Ramdani 51′), Stefano Lilipaly.

Palestina: Rami Hamada; Ahmed Qatmish (Yousef Alashhab 61′), Michelmilad Termanini, Abdallatif Albahdari, Mousa Farawi; Mohamed Darwish (Shehab Qumbor 68′), Sameh Maraaba, Mahmoud Abuwarda, Mohamed Rashid; Oday Dabbagh, Mahmoud Yousef (Mohammed Obaid 79′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

BPJS Kesehatan Fasilitasi Peningkatan Kompentensi Dokter

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Sebagai badan hukum publik yang lebih dari empat tahun mengelola Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berupaya mengoptimalkan...

Mahkamah Konstitusi Tegaskan Pengurus Parpol Dilarang Jadi DPD di Pemilu 2019

Metrobatam.com, Jakarta - Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) I Dewa Gede Palguna menegaskan peraturan yang melarang pengurus partai politik menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah mulai berlaku sejak...

490 Anak di Kepri Positif Terjangkit Penyakit Campak dan Rubella

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam kurun tiga tahun terakhir, tercatat 490 anak di Provinsi Kepri positif terjangkit penyakit campak dan rubella dengan rincian campak 270...

Pemko Tanjungpinang Segera Pecat 11 ASN Terlibat Tindak Pidana Korupsi

Metrobatam.com, Tanjunfpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang segera memecat 11 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat korupsi. Sekda Kota Tanjungpinang, Riono di Tanjungpinang, Rabu menyatakan, putusan tersebut...

Bupati Bintan Apri Sujadi Tegaskan Penerimaan CPNS 2018 Bebas Calo

Metrobatam.com, Bintan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepulauan Riau resmi membuka penerimaan formasi CPNS Tahun 2018 dengan kuota sebanyak 250 formasi. Dari jumlah itu,...

Masyarakat dan Aparat Harus Solid, Bekerjasama dan Bersinergi untuk Pemilu Damai

Metrobatam.com, Batam - Masyarakat dan aparat keamanan serta unsur pemerintah di Provinsi Kepulauan Riau harus solid. Pesan ini disampaikan Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap...

204 Pejabat JFT Provinsi Kepri Dilantik

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur dengan masing-masing rincian sesuai jabatan yang diemban, sebanyak 204 orang ASN dilantik sebagai pejabat Jabatan Fungsional Tertentu...

Kementerian Pariwisata RI Apresiasi Moon Cake Festival 2018

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Penyelenggaraan Moon Cake Festival 2018 yang kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik...

Gubernur Kepri Minta Para Wartawan Jadi Garda Terdepan Perangi Hoax

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan dirinya merasakan betul kehadiran dan peran serta wartawan dalam pembangunan. Para wartawan terus menyampaikan berbagai pesan...

Bhinneka Life Gelar Literasi Perencanaan Keuangan Guru SLTA di Bukittinggi

Metrobatam.com, Bukittinggi - Perusahaan asuransi jiwa dengan jaringan operasi luas di Indonesia, Bhinneka Life menyelenggarakan kegiatan literasi perencanaan keuangan bagi puluhan guru mata pelajaran...

Jabatan Danyonmarhanlan IV TPI Diserahterimakan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Jabatan Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV TPI diserahterimakan dari Mayor Mar Yudo Herdyanto, M.Tr.Hanla., kepada Komandan Pasmar (Danpasmar) 1 Brigjen...

Abdul Basyid Has : Hari PMI adalah Hari Kesalehan Sosial

Metrobatam.com, Batam - Memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI), Abdul Basyid Has, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau masyarakat untuk...
BAGIKAN