Dramatis, Chelsea Kalahkan Newcastle Berkat Gol Bunuh Diri

oleh

Metrobatam, Jakarta – Chelsea susah payah meraih kemenangan 2-1 di markas Newcastle United. Unggul lewat penalti, Chelsea sempat kebobolan sampai kemudian menang berkat gol bunuh diri.

Bertandang ke St James Park, Minggu (26/8) malam WIB, Chelsea diredam selama babak pertama. The Blues baru unggul di menit ke-75 lewat penalti Eden Hazard.

Tapi keunggulan itu buyar di menit ke-83 setelah Joselu menyamakan kedudukan untuk Newcastle. Kemenangan pada prosesnya diraih Chelsea berkat gol bunuh diri DeAndre Yedlin di menit ke-87.

Kemenangan ini membuat Chelsea masih sempurna di tiga laga awal Premier League dengan 9 poin. Skuat besutan Maurizio Sarri ini sementara ada di posisi dua, mengoleksi nilai yang sama dua Liverpool dan Watford.

Jalannya Pertandingan

Selepas kick-off Chelsea cukup kesulitan membentuk permainan. Tempo permainan mereka lambat dan tak melakukan tusukan-tusukan.

Sementara Newcastle malah beberapa kali mendapat ruang kosong di 10 menit awal pertandingan. Baru menit keenam, Magpies sudah membuat peluang.

Berawal dari serangan balik cepat, Jacob Murphy melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tapi tendangan mendatarnya masih relatif mudah ditangkap Kepa Arrizabalaga.

Chelsea perlahan-lahan menemukan pola permainan. Namun Newcastle yang bertahan dengan rapat dan dalam membuat tim tamu kesulitan menciptakan peluang.

Eden Hazard memberikan peluang pertama bagi Chelsea di menit ke-24. Tapi tembakan kerasnya masih sedikit menyamping di gawang Newcastle.

Hazard mendapatkan penjagaan ketat dari para pemain Newcastle. Ia beberapa kali dijatuhkan oleh Momo Diame hingga sempat terlihat terpincang-pincang kesakitan.

Pedro Rodriguez mendapat peluang di menit ke-34. Dia menusuk dari sisi kanan kemudian membuat tembakan melengkung dengan kaki kiri. Tapi, sepakannya masih melambung.

Semenit kemudian Pedro kembali mendapat peluang tapi kali ini sepakannya ditangkap dengan baik oleh Martin Dubravka. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua, Chelsea langsung mengambil kendali permainan dan mengurung Newcastle. Newcastle benar-benar dibuat kesulitan memegang bola apalagi melakukan serangan pada 10 menit pertama babak kedua.

Alvaro Morata beberapa kali mendapat kesempatan di kotak penalti Newcastle. Tapi percobaannya belum membuahkan hasil.

Tuan rumah semakin menumpuk pemain pada babak ini. Praktis hanya Salomon Rondon, yang kemudian digantikan oleh Joselu, yang digantung di depan.

Chelsea mencoba mengambil opsi lain dengan memasukkan Willian dan Olivier Giroud untuk menembus pertahanan ketat Newcastle.

Kesempatan emas dibuat Chelsea pada menit ke-71. Tendangan jarak jauh Antonio Rudiger mengenai mistar gawang.

Chelsea mendapatkan penalti pada menit ke-75 setelah Marcos Alonso dijatuhkan Fabian Schar di dalam kotak. Hazard mengeksekusinya dengan sempurna dan Chelsea unggul 1-0.

Gol tersebut membuat Newcastle bermain lebih terbuka. Upaya Newcastle berbuah pada menit ke-82.

Berawal dari aksi DeAndre Yedlin yang menang adu badan dengan Olivier Giroud, pemain Amerika Serikat tersebut membuat umpan silang akurat dari kanan. Bola disambut tandukan Joselu. Skor menjadi imbang 1-1.

Chelsea pun kembali menaikkan tempo permainan mereka. Hanya butuh lima menit bagi Blues untuk kembali unggul. Berawal dari sepakan Alonso, bola terdorong kaki Yedlin sehingga berubah arah dan masuk gawangnya sendiri.

Newcastle beberapa kali mencoba membuat peluang pada beberapa menit terakhir. Tapi, tak ada gol tambahan dan Chelsea menang 2-1.

Susunan pemain:

Newcastle United: Dubravka; Clark, Schar (Muto 79′), Fernandez; Dummett, Diame, Ki, Yedlin; Murphy (Perez 72′), Rondon (Joselu 61′), Ritchie

Chelsea: Kepa; Alonso, Luiz, Rudiger, Azpilicueta; Kovacic (Barkley 79′), Jorginho, Kante; Hazard, Morata (Giroud 65′), Pedro (Willian 68′). (mb/detik)