Komjen Syafruddin Jadi MenPAN-RB, PDIP: Itu Prerogatif Presiden

oleh

Metrobatam, Jakarta – Komjen Syafruddin akan dilantik menjadi MenPAN-RB besok pagi menggantikan Asman Abnur yang mundur. PDIP mengatakan penggantian MenPAN-RB sepenuhnya hak Presiden Joko Widodo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditanya perihal undangan pelantikan Syafruddin hanya tersenyum kecil. Hasto tak membantah atau mengiyakan penunjukan Syafruddin. Dia hanya menegaskan penunjukan menteri merupakan hak prerogatif Jokowi.

“Saya belum ke DPP, saya belum ke tempat Ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) apa ada undangan atau tidak. Tapi itu adalah hak prerogatif Presiden,” kata Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakpus, Selasa (14/8).

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengkonfirmasi pelantikan Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB besok (Rabu).

“Saya mendapat konfirmasi dari protokol DPR, benar besok ada pelantikan jam 10.00 WIB,” kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, saat dimintai konfirmasi.

Posisi yang ditinggalkan Syafruddin kemudian akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz. “Wakapolri (akan dijabat) Idham,” kata Bambang.

Bamsoet mengaku telah mendapatkan undangan pelantikan tersebut. Pada undangan itu tertera pelantikan Syafruddin sebagai MenPAN-RB sekaligus Idham menjadi Wakapolri.

Syafruddin akan menjadi MenPAN-RB setelah Asman Abnur mengundurkan diri. Asman mengundurkan diri setelah partainya, PAN, memilih menjadi rival kubu Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

Asman pamit langsung ke Jokowi di Istana Bogor tadi malam. Menurut Asman, Jokowi menilai kinerja dirinya positif.

Acara pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat pukul 10.00 WIB. Mereka akan dilantik oleh Presiden Jokowi.

Asman Berharap Jadi Anggota DPR

Setelah mundur dari kursi menteri, Asman mengaku berfokus pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Kan saya masih terdaftar sebagai caleg di Kepri, mudah-mudahan terpilih lagi,” kata Asman saat jumpa pers di kantornya, Kementerian PAN-RB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/8).

Hari ini Asman berpamitan langsung kepada Presiden Joko Widodo. Alasan Asman mundur adalah tak mau membebani Jokowi. Sebab, Asman merupakan kader PAN, yang kini berada di koalisi rival Jokowi pada Pilpres 2019.

“Jadi saya mohon izin untuk undur diri sebagai Menteri PAN-RB,” kata dia.

Menurut Asman, Jokowi langsung menyetujui pengunduran dirinya. Dia mendapat nilai positif dari Jokowi.

“Mudah-mudahan apa yang saya lakukan merupakan langkah yang baik, sehingga tidak ada melukai semua pihak, sehingga kehadiran saya bisa digantikan orang yang lebih netral. Saya berdoa, mudah-mudahan yang menggantikan lebih baik dari saya,” kata dia. (mb/detik)