Sowan Sandi ke Gusdurian Berpotensi Pecah Suara Nahdliyin

Metrobatam, Jakarta – Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno sowan ke kediaman istri almarhum Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid, Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (10/9).

Tak sekadar silaturahmi, kunjungan Sandi itu menyelipkan agenda politik. Putri kedua dari Gus Dur, Yenny Wahid, menyebut bahwa Sandi juga mengajaknya bergabung ke timses Prabowo Subianto-Sandi.

Peneliti LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai upaya Sandi menyambangi keluarga Gus Dur bisa diartikan tak hanya sebagai upaya silaturahmi politik kepada keluarga tokoh bangsa. Namun juga sekaligus upaya memecah suara Nahdliyin.

“Kita tahu bahwa kubu Muhaimin [Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB] dan Yenny belum akur. Nah, itulah yang kemudian menjadi pintu pembuka bagi Prabowo-Sandi memecah suara,” papar dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com (11/9).

Yenny masih dianggap terutama oleh kalangan Gusdurian sebagai penerus ayahnya yang murni ketika banyak tokoh NU lain yang mulai dinamis. Dia juga mendapat dukungan dari kaum muda terutama mereka yang kecewa pada pilihan bakal cawapres Jokowi, yakni Ma’ruf Amin, yang tak sesuai ekspektasi.

Bagi Wasisto, Yenny masih memiliki kans kuat memecah suara kaum Nahdliyin. Dia dinilai sebagai Gusdurian alias pengikut Gus Dur yang bisa merangkul kaum muda.

“Ya saya pikir mungkin karena Yenny Wahid sebagai penerus Gus Dur mungkin akan signifikan [suaranya]. Mungkin beliau bisa merangkul suara-suara kecewa yang kemarin tidak memilih Ma’ruf,” terangnya.

Meski demikian, Wasisto mengakui bahwa kemungkinan kaum Nahdliyin di Jawa Timur takkan serta merta mengikutinya menyeberang ke kubu Prabowo. Sebab, kemenangan Kofifah Indar Parawansa dalam perebutan kursi Gubernur Jatim masih menunjukkan wilayah tersebut sebagai lumbung suara Jokowi.

Ketua Bappilu Pusat NasDem Effendi Choirie alias Gus Choi menganggap kunjungan tersebut sebenarnya merupakan kultur positif calon pemimpin di Indonesia.

Sebagai bakal cawapres, lanjutnya, Sandi sudha seharusnya menjalin silaturahmi ke mantan-mantan pemimpin, bahkan termasuk ke Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden kelima RI.

“Itu kultur. Siapa pun yang mau jadi pemimpin itu bagus untuk sowan silaturahim ke mantan-mantan atau tokoh presiden, wakil presiden. Misalnya, datang ke Habibie, bagus. Karena Gus Dur sudah meninggal, ke istrinya Gus Dur itu bagus,” ujar Gus Choi di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Selasa (11/9).

Namun, Gus Choi menilai Yenny takkan memecah suara pengikut Nahdlatul Ulama (NU). Dia mengklaim Ma’ruf Amin yang masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU akan mendapat hampir 90 persen suara NU.

“Enggak. NU insyaallah dukung Kiai Ma’ruf ini minimal 90 persen. 85-90 persen. Lebih total. Dulu ada sejarah NU tidak kompak karena, Pak Hasyim jadi wakilnya Bu Mega, karena ada Gus Solah didukung PKB. Pecah,” kata dia.

Yenny Tak Gegabah

Di sisi lain, Wasisto menilai perempuan yang bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu tak akan gegabah memilih kubu. Sebab, ada sejumlah hal yang akan dikorbankan jika mendukung Prabowo-Sandi.

Pertama, netralitas dirinya dan NU dalam politik. Kedua, warisan toleransi Gus Dur. Pasalnya, kubu Prabowo-Sandi disebut memiliki banyak sosok yang dipandang intoleran.

“Jika dia bergabung ke kubu sebelah [Prabowo-Sandi], risikonya akan besar untuk dia sendiri,” cetus Wasisto.

Yenny sendiri terakhir kali mengatakan bahwa dirinya mendapatkan pinangan untuk berada di timses kubu yang akan bertarung di Pilpres 2019. Namun dia menyatakan takkan berpihak pada kubu mana pun.

“Saya kan jomblo politik,” kata Yenny saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Selasa (11/9) merujuk pada ketidakterkaitannya dengan partai politik yang ada.

Diketahui, kubu Gus Dur sempat berkonflik dengan Muhaimin Iskandar terkait kepengurusan PKB. Selain itu, pada pemilihan cawapres bagi Jokowi, Yenny Wahid dan Gusdurian cenderung dekat dengan sosok Mahfud MD, bukan dengan Ma’ruf Amin.

Sementara PPP menyakini sejumlah 70 persen suara Nahdlatul Ulama (NU) akan dukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ya realitas politik selama terjadi di lingkungan NU itu tidak boleh membohongi sejarah faktanya suara nahdliyin tidak pernah bulat. Tapi perlu catat tampilnya kiai Ma’ruf Amin yang adalah Rais Aam PBNU, kami menyakini suara NU akan lebih banyak ke Jokowi-Ma’ruf, perbandingan 70 persen ke Jokowi-Kiai Ma’ruf kalau bulat tidak mungkin,” ujar Wakil Direktur Eksekutif Lajnah Pemenangan Pemilu PPP, Idy Muzayyad di Kantor PPP, Jalan Menteng, Jakarta, Selasa (11/9).

Sebelum Prabowo Subianto, menurut Idy, bakal capres Jokowi sudah terlebih dahulu mendatangi istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid. Dalam pertemuan itu, disebut Idy Sinta sudah mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kalau lihat Pilpres Pak Jokowi sebelum deklarasi ketua TKN Erick sudah kunjung dan minta restu dengan bu Sinta didampingi bu Yenny dan keluarga lain artinya sebenarnya kita lebih dahulu dukungan bu Sinta dan jawaban beliau sudah tegas menyatakan simbolik sebagai orang tua merestui Pak Jokowi,” jelas dia.

Saat ditanya Yenny masuk timses Jokowi-Ma’ruf Amin, ia menjawab sudah diajak oleh mantan Gubernur DKI itu saat mengunjugi kediaman istri Gus Dur. Kedatangan Jokowi disebut mengajak keluarga Gus Dur untuk bergabung timses.

“Pak Jokowi sudah datang itu sinyal ingin mengajak keluarga besar Gus Dur masuk pemenangan,” tutur dia. (mb/cnn indonesia/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Jabatan Danyonmarhanlan IV TPI Diserahterimakan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Jabatan Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV TPI diserahterimakan dari Mayor Mar Yudo Herdyanto, M.Tr.Hanla., kepada Komandan Pasmar (Danpasmar) 1 Brigjen...

Abdul Basyid Has : Hari PMI adalah Hari Kesalehan Sosial

Metrobatam.com, Batam - Memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI), Abdul Basyid Has, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau masyarakat untuk...

Aklamasi, Zakmi Piliang Terpilih Jadi Ketua PWI Tanjungpinang – Bintan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Zakmi Piliang dari Tanjungpinang Pos terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan, Periode 2018-2021, pada pemilihan yang di Hotel Pelangi, Lt...

Widiastadi Nugroho Tinjau Pembangunan Mako Brimobda Kepri

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komisi III DPRD Kepulauan Riau yang dipimpin langsung ketua komisi III Widiastadi Nugroho melakukan peninjauan lapangan pembangunan sarana dan prasarana di...

4 Pelaku Penyebar Berita Hoax Demo Mahasiswa Ricuh di MK Diciduk

Metrobatam.com, Bukittinggi - Empat penyebar berita bohong atau hoax, soal demo mahasiswa ricuh di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Masing-masing pelaku diamankan pada empat...

Peringati Hari PMI, Mustofa Widjaja Ajak Warga Kepri Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan

Metrobatam.com, Batam - Hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) memasuki hari jadi yang ke 73 tahun. Masyarakat dari berbagai kalangan turut memperingati hari kemanusiaan...

Polda Kepri Tangkap 2 Kapal Ikan Asing Ilegal di Perairan Natuna

Metrobatam.com, Batam - Polda Kepri menggelar konferensi Pers Tentang Penangkapan 2 (Dua) Kapal Ikan Asing (KIA) Ilegal asal Vietnam, Senin, (19/09/2018) sekira pukul 11.30...

Pemko Tanjungpinang Menerima Bantuan CSR dari LPCI

Metrobatam.com, Tanjungpiang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menerima kunjungan Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka membantu program-program pembangunan di daerah khusunya Kota...

Perda RWZP3K Provinsi Kepri Solusi Tingkatkan PAD Sektor Laut

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun menyampaikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir...

Dandim 0304 Agam Mantapkan Persiapkan Event Tour de Maninjau

Metrobatam.com, Agam - Dalam rangka menyambut pelaksanaan peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 tahun 2019 Komandan Kodim 0304/Agam melakukan rapat persiapan perlombaan balap sepeda dan...

Rayakan Hari Perhubungan Nasional 2018, KSOP Kelas II Tanjungpinang Adakan Jalan Sehat

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2018, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang mengadakan jalan sehat, Minggu (16/9/2018)....

UMRAH Tanjungpinang Laksanakan Wisuda Ke-XI

Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang mewisuda 637 mahasiswa pada wisuda Umrah ke-XI di Gedung Aula Gubernur Kepri, Pulau Dompak, kemarin, Sabtu, (15/09/2018). Dekan...
BAGIKAN