Waketum MUI: Dakwah Gus Miftah di Klub Malam Harus Didukung

    Metrobatam, Jakarta – Aksi Gus Miftah berdakwah di klub malam semakin dibicarakan banyak orang. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi mendukung dakwah Gus Miftah.

    “Jadi kalau ada ustadz, kyai atau ulama yang berani melakukan dakwah di tempat-tempat seperti itu menurut saya harus diberikan dukungan dan support,” kata Zainut kepada detikcom, Kamis (13/9).

    Dakwah Gus Miftah di dunia remang-remang perlu didukung sepanjang dakwahnya dilakukan dengan cara yang benar, sesuai ketentuan, dan niat yang ikhlas. Dakwah demikian justru lebih baik ketimbang dakwah yang ternyata berisi ujaran kebencian.

    “Menurut saya dakwah di tempat seperti itu nilainya lebih mulia dari pada dakwah di tempat yang baik dengan komunitas yang baik tapi isi dakwahnya mengajak kepada kejahatan, penuh dengan ujaran kebencian, fitnah dan mengadu domba antarkelompok masyarakat,” tutur Zainut.

    Dia menjelaskan inti dakwah adalah mengajak manusia untuk menuju jalan kebaikan dengan cara yang bijaksana. Sasaran dakwah tidak terbatas kepada kelompok masyarakat yang sudah baik namun juga perlu dilakukan kepada masyarakat yang belum baik.

    “Bahkan menurut saya justru kelompok ini yang perlu mendapatkan perhatian khusus, misalnya daerah lokalisasi, kampung narkoba, tempat-tempat perjudian, kelab malam atau daerah remang-remang yang penuh dengan kemaksiatan,” kata Zainut.

    Pendapat senada disampaikan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan PBNU, Robikin Emhas. “Bukankah dakwah adalah mengajak masyarakat bergerak dari kegelapan menuju pancaran sinar Tuhan?” ujarnya.

    Menurutnya, tak ada alasan untuk mengabaikan kelompok masyarakat yang selama ini bekerja di tempat hiburan malam. Mereka harus dituntut untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, yakni yang sesuai dengan agama Islam.

    “Kalau di komunitas kegelapan tidak diperkenalkan Tuhan dengan keserba-mahaannya, basis moral apa yang membenarkan pengabaian kewajiban kita untuk menyentuh mereka yang selama ini dicap sebagai masyarakat yang hidup dalam kegelapan?” tutur Robikin.

    Dakwah, dia menjelaskan, adalah aktivitas mengajak manusia mengenal Tuhan. Hubungan manusia dengan Tuhan mampu membangun hubungan yang harmonis antar sesama manusia. Maka harmoni akan tercipta di kehidupan.

    “Untuk itu aktivitas dakwah juga perlu memperhatikan kaidah dan etika dakwah. Yakni dilakukan dengan lemah lembut dan bijaksana, dengan mempertimbangkan kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat, termasuk dakwah di komunitas kegelapan,” tuturnya.

    Ketua Dakwah MUI: Tak Sopan

    Pendapat berbeda disampaikan Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis. Menurutnya, selawat tanpa menutup aurat itu tidak sopan.

    “Apakah etis kita berselawat, beribadah, sedangkan kita dalam keadaan tidak menutup aurat? APalagi terkesan buka-bukaan,” kata Cholil.

    Selawat adalah sesuatu yang baik dan bernilai ibadah. Allah SWT juga berselawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ada tata cara yang sopan untuk berselawat, yakni termasuk menutup aurat.

    “Jadi memang ini tidak sampai murtad dan keluar dari Islam, tapi berselawat dalam kondisi yang tidak sopan secara ibadah, tidak menutup aurat, di tempat yang tak layak itu mengurangi etika dan sopan santun berselawat kepada Rasulullah,” tutur Cholil.

    Dia menyarankan kepada Gus Miftah agar menggunakan metode dakwah yang lebih baik, tanpa tak melanggar etika beragama.

    “Sebaiknya menggunakan metode dakwah yang lebih elegan dan tidak melanggar etika beragama,” kata Cholil.

    Sementara Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menilai dakwah di klub malam seperti itu cenderung tidak bermanfaat.

    “Menurut saya dakwah di tempat tersebut lebih banyak mudarat dibandingkan dengan manfaat,” kata Abdul Mu’ti kepada detikcom, Kamis (13/9).

    Menurut Mu’ti, dakwah merupakan proses yang perlu rancangan seksama. Dakwah bukanlah spontanitas dan gerakan sporadis. Termasuk, peserta dakwah juga perlu dikondisikan dan mengkondisikan diri sedemikian rupa supaya bisa mendapatkan pencerahan spiritual serta psikologis.

    “Secara psikologis dan spiritual, mereka yang ke klub berniat untuk mencari hiburan, bukan untuk mencari pencerahan,” kata Mu’ti.

    Meski berpandangan bahwa dakwah di klub malam sebagai dakwah yang kurang tepat, namun Mu’ti menyerahkan keputusan kepada pendakwah yang bersangkutan, yakni Gus Miftah. Dia tidak melarang dakwah Gus Miftah.

    “Itu pilihan pribadi beliau. Kalau beliau mampu, silakan saja,” kata Mu’ti.

    Pemuda Muhammadiyah justru mengapresiasi Gus Miftah yang berusaha memberi pencerahan untuk orang-orang yang masih berada di “keremangan” klub malam.

    “Dakwah di orang-orang yang rajin ke pengajian dan masjid kan itu biasa. Namun mendatangi mereka yang tidak mau atau belum mau ke pengajian dan masjid bagi saya adalah luar biasa,” kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada detikcom, Kamis (13/9).

    Dahnil sudah lama mendengar kiprah Gus Miftah. Memang ada kesan “lain daripada yang lain” bila mendengar pilihan dakwah Gus Miftah. Seorang ahli agama berceramah di tempat hiburan malam merupakan hal yang kontroversial dan eksentrik.

    “Namun upaya berani dia perlu dihormati dan diapresiasi, bahkan jarang yang berani dan mau melakukan hal tersebut,” tutur Dahnil. (mb/detik/cnn indonesia)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Jabatan Danyonmarhanlan IV TPI Diserahterimakan

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Jabatan Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV TPI diserahterimakan dari Mayor Mar Yudo Herdyanto, M.Tr.Hanla., kepada Komandan Pasmar (Danpasmar) 1 Brigjen...

    Abdul Basyid Has : Hari PMI adalah Hari Kesalehan Sosial

    Metrobatam.com, Batam - Memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI), Abdul Basyid Has, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau masyarakat untuk...

    Aklamasi, Zakmi Piliang Terpilih Jadi Ketua PWI Tanjungpinang – Bintan

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Zakmi Piliang dari Tanjungpinang Pos terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan, Periode 2018-2021, pada pemilihan yang di Hotel Pelangi, Lt...

    Widiastadi Nugroho Tinjau Pembangunan Mako Brimobda Kepri

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komisi III DPRD Kepulauan Riau yang dipimpin langsung ketua komisi III Widiastadi Nugroho melakukan peninjauan lapangan pembangunan sarana dan prasarana di...

    4 Pelaku Penyebar Berita Hoax Demo Mahasiswa Ricuh di MK Diciduk

    Metrobatam.com, Bukittinggi - Empat penyebar berita bohong atau hoax, soal demo mahasiswa ricuh di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Masing-masing pelaku diamankan pada empat...

    Peringati Hari PMI, Mustofa Widjaja Ajak Warga Kepri Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan

    Metrobatam.com, Batam - Hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) memasuki hari jadi yang ke 73 tahun. Masyarakat dari berbagai kalangan turut memperingati hari kemanusiaan...

    Polda Kepri Tangkap 2 Kapal Ikan Asing Ilegal di Perairan Natuna

    Metrobatam.com, Batam - Polda Kepri menggelar konferensi Pers Tentang Penangkapan 2 (Dua) Kapal Ikan Asing (KIA) Ilegal asal Vietnam, Senin, (19/09/2018) sekira pukul 11.30...

    Pemko Tanjungpinang Menerima Bantuan CSR dari LPCI

    Metrobatam.com, Tanjungpiang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menerima kunjungan Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka membantu program-program pembangunan di daerah khusunya Kota...

    Perda RWZP3K Provinsi Kepri Solusi Tingkatkan PAD Sektor Laut

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun menyampaikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir...

    Dandim 0304 Agam Mantapkan Persiapkan Event Tour de Maninjau

    Metrobatam.com, Agam - Dalam rangka menyambut pelaksanaan peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 tahun 2019 Komandan Kodim 0304/Agam melakukan rapat persiapan perlombaan balap sepeda dan...

    Rayakan Hari Perhubungan Nasional 2018, KSOP Kelas II Tanjungpinang Adakan Jalan Sehat

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2018, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang mengadakan jalan sehat, Minggu (16/9/2018)....

    UMRAH Tanjungpinang Laksanakan Wisuda Ke-XI

    Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang mewisuda 637 mahasiswa pada wisuda Umrah ke-XI di Gedung Aula Gubernur Kepri, Pulau Dompak, kemarin, Sabtu, (15/09/2018). Dekan...
    BAGIKAN