Seleksi Guru PNS akan Diperketat

guru honorer

Metrobatam.com, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta standar rekrutmen guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditingkatkan. Menurut dia, rekrutmen PNS di bidang keguruan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

“Mengangkat PNS biasa dan guru beda. PNS guru harus ada kriterianya,” kata Anies di Jakarta, Ahad, 14 Februari 2016. Menurut dia, hal itu perlu dilakukan karena guru merupakan pencetak generasi muda.

Menurut Anis, saat ini pertumbuhan siswa di Indonesia mencapai 17 persen. Sementara untuk guru PNS 23 persen. Untuk guru honorer peningkatannya bisa mencapai 800 persen. Untuk kategori Sekolah Dasar rasio guru dan murid 1:11. Jumlah ini dirasa Anies sudah cukup.

Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah penerimaan guru honorer di daerah yang cukup banyak. Kebanyakan dari guru ini berharap mereka dapat diangkat menjadi PNS. Padahal pemerintah daerah tidak dapat mengangkat. “Sekarang kementerian pemberdayagunaan negara jadi kelimpahan,” ujar dia.

Anies mengaku pernah menawarkan guru honorer untuk diangkat menjadi PNS, tetapi dengan syarat ditempatkan di daerah lain yang kekurangan guru. Namun, kebanyak dari mereka enggan dengan penawaran ini lantaran tak ingin pindah.

Sumber Tempo.co