BMKG : Tanjungpinang Diguyur Hujan Beberapa Hari Kedepan

hujan jabodetabek

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Kepala Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang, Dira Utama mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca, hujan di perkirakan masih akan membasahi Kota Tanjungpinang untuk beberapa hari kedepan.

“Potensi hujan lokal yang terjadi di Kota Tanjungpinang masih akan terjadi untuk dua hari kedepan,”Ungkapnya ketika di hubungi melalui telepon seluler oleh metrobatam.com, Senin (7/3/2016).

Dia menjelaskan bahwa, hujan yang terjadi di kota Tanjungpinang di sebabkan oleh faktor Adanya sistem tekanan udara di barat kalimantan. Akibatnya,menyebabkan pengumpulan massa udara dan membentuk awan konvektif sehingga terjadinya hujan.

Awan tersebut, lanjut Dira, meluas ke wilayah bintan sehingga terjadi hujan yang cukup lebat, angin secara umum bertiup dari utara hingga timur laut dengan kecepatan antara 05 – 30 km/jam.

Dira juga  menerangkan, asal angin dengan kecepatan demikian berasal dari Barat kalimantan. Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan rendah di daerah laut cina selatan. Kondisi seperti ini akan bertahan hingga beberapa hari ke depan.

“Hujan yang akan terjadi dua hari kedepan disebabkan adanya awan comulunimbus. Awan ini dapat menyebabkan angin kencang sesaat selama awan itu ada,” terangnya.

(Budi)

Loading...