Gerhana Matahari, Batam Kebanjiran Turis Asing

370070_kasi-unit-imigrasi-batam-center--tessar-bs_663_382

Metrobatam.com – Fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia, pada Rabu 9 Maret 2016, dimanfaatkan ribuan turis mancanegara yang akan menyaksikan fenomena alam unik ini.

Ribuan turis tersebut diketahui berasal dari Singapura,  Malaysia, dan Eropa. Mereka sudah mulai memadati Pelabuhan Batam Center sejak tiga hari lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Batam, melalui Kasi Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Batam Center, Tessar BS mengatakan, dalam satu pekan terakhir, rata rata warga negara asing yang melewati Pelabuhan Batam Center mencapai 3.000 orang per hari.

“Para turis hanya transit di tempat kami, sedangkan tujuan utama mereka adalah Palembang dan Bangka Belitung, untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total,” ujarnya Selasa 8 Maret 2016.

Seperti diketahui Gerhana Matahari Total akan terjadi di 11 provinsi, di antaranya, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam tidak akan membuat acara khusus untuk menyaksikan fenomena langka tersebut. Namun, di beberapa masjid katanya akan melaksanakan salat gerhana Matahari.

“Wilayah Batam tidak masuk dalam daerah yang dapat menyaksikan gerhana secara penuh. Karena itu pemerintah tidak membuat acara,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Ardiwinata.
(viva)

Loading...