Daftar SBMPTN 2016 Mulai Hari Ini!

Metrobatam.com, Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 menjadwalkan pembukaan pendaftaran pada Senin 25 April sampai 20 Mei 2016. Artinya, mulai hari ini para calon peserta sudah bisa melakukan pendaftaran hingga dua minggu ke depan.

Proses pendaftaran sendiri bisa diakses melalui laman resmi SBMPTN 2016. Setelah mengisi beberapa data, nantinya peserta akan mendapat kode bayar dan diminta untuk membayar biaya pendaftaran senilai Rp200 ribu melalui Bank BNI atau Mandiri.

Setelah melakukan pembayaran, peserta masuk kembali ke laman SBMPTN 2016 untuk melanjutkan proses pendaftaran. Adapun beberapa yang harus disiapkan adalah pas foto untuk diunggah bersama dengan pengisian data diri.

Peserta kemudian memilih lokasi ujian dan pilihan program studi yang diminati. Tahun ini, panitia SBMPTN 2016 menyediakan dua metode ujian, yakni computer based test(CBT) dan paper based test (PBT). Namun, penyelenggaraan CBT hanya tersedia di 30 universitas dan jumlahnya cukup terbatas. Tak hanya itu, peserta CBT juga hanya bisa mengikuti kelompok bidang sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum). Sedangkan yang mengambil campuran hanya tersedia ujian PBT.

Bacaan Lainnya

Untuk program studi (prodi), masing-masing peserta diberi kesempatan memilih maksimal tiga prodi. Para peserta yang memilih satu prodi dapat memilih PTN di mana pun. Tetapi, bagi yang memilih lebih dari dua prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Setelah semua proses selesai dengan sukses, peserta akan memperoleh kartu peserta ujian yang wajib dibawa saat tes berlangsung. Pelaksanaan SBMPTN sendiri, baik CBT maupun PBT akan diselenggarakan pada 30 Mei 2016.

Sumber okezon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *