Ini 10 Manfaat Saat Seseorang Merantau

Metrobatam.com (Mb) – Ketika akan kuliah (merantau) ke kota lain tentunya sangat menyenangkan bagi seorang remaja. Yang membuatnya senang adalah merasa bebas, mau melakukan apapun tidak ada yang melarang, tidak ada lagi yang memarahinya saat pulang terlambat, keuangan pun diatur sendiri, dll.

Namun, level masalah yang dihadapinya pun semakin tinggi. Ia harus melakukan semuanya sendiri, tak ada lagi orang tua yang biasa mengurusnya. Dan saat merantaulah ia banyak belajar. Berikut manfaat saat seseorang merantau.

Menjadi Orang Yang Mandiri
Jauh dari orang tua membuat kamu menjadi orang yang mandiri, sesuatu yang kamu lakukan, akan kamu lalukan sendirian. Ini yang membuat kamu tumbung menjadi pribadi yang mandiri. Bagi mereka yang tinggal dengan orang tua kemungkinan jarang mampu melakukannya.

Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab
Kamu dipercaya untuk tinggal berjauhan dengan orang tua kamu adalah sebuah tanggung jawang yang besar dan ini harus dijaga. Hanya orang perantau yang tau bagaimana menjaga kepercayaan tersebut.

Bacaan Lainnya

Mudah Beradaptasi
Pada saat merantau kamu akan merasakan dan mengalami banyak perbedaan budaya. Perlu pengetahuan yang cukup tinggi untuk bisa beradaptasi dengan sebuah lingkungan baru. Mempelajari lingkungan dan budaya di tempat tinggal baru harus dilakukan. Dan anak perantau pasti sudah tau caranya beradaptasi dengan baik.

Bisa Survive (Bertahan)

Saat uang mulai menipis, persediaan beraspun hampir habis. Sementara kiriman dari orang tua baru datang 2 minggu lagi. Cara yang sering dilakukan adalah meminjam uang pada teman yang punya duit lebih dari kita. Atau menjalin silaturahmi ke kontrakan teman yang punya beras masih banyak. Saat jauh dari orang tua, kamu akan melakukan segala hal untuk bisa bertahan. Dan inilah yang membuat kamu menjadi lebih tahan terhadap halangan dan rintangan karena terbiasa melalukan segala hal dengan sendiri, tanpa bantuan dari orang tua.

Menyukai Tantangan
Tinggal di sebuah lingkungan baru akan mempertemukanmu dengan berbagai macam halangan dan rintangan. Cepat atau lambat kamu akan mampu mengatasi halangan dan rintangan tersebut karena sudah terbiasa menghadapinya.

Berani Mengambil Resiko
Saat orang – orang mengambil keputusan dengan penuh pertimbangan, Kamu akan menjadi karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karenaselama didalam perantauan kamu sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Lebih Mudah Mengikhlaskan Sesuatu
Selama menjalani kehidupan di tanah rantau, pasti banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Saat kamu berada bersama orang tuamu mungkin kamu bisa mencari jalan pintas dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki orang tua kamu. Tapi di tanah rantau kamu akan belajar makna dari sebuah keikhlasan.

Memiliki Manajemen Diri Yang Lebih Baik
Uang yang dikirim orang tua harus dapat kamu perhitungkan hingga kiriman selanjutnya. Kamu akan mengelola keuangan sendiri dan mengelola waktumu sendiri. Ini akan menjadikanmu manajer terbaik untuk dirimu sendiri.

Melihat Sesuatu Dari Dua Sisi
Bagi mereka yang belum pernah merantau, mereka akan terbiasa melihat hanya dari satu sisi. Tapi kamu yang sudah terbiasa hidup dengan berbagai golongan akan dapat memahami sesuatu dari dua sisi.

Tidak Menjadi Orang Yang Arogan
Mungkin saat berada dikampung halaman, semua orang mengenal kamu karena bapakmu adalah petinggi di desamu. Akan tetapi di tanah rantau kamu memulai semua dari nol. tidak ada latar belakang yang membangun penilaian terhadapmu. Semuanya kamu sendiri yang memulai.  (Andhie Barry)

(seduhkopi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *