Rio Haryanto Posisi 20 kualifikasi Formula 1 China GP

Metrobatam.com, Shanghai – Pebalap Formula 1 Indonesia Rio Haryanto mengakhiri sesi kualifikasi pertama China Grand Prix 2016 pada posisi terakhir atau ke-20 di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu.

Pebalap tim Manor Racing itu, seperti tercantum dalam situs resmi Formula 1 yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu, mencatatkan waktu satu menit 40,264 detik dan menyelesaikan sesi kualifikasi sebanyak sembilan putaran pada sesi kualifikasi pertama.

Read More

“Sesi tadi cukup sulit untuk meraih kenaikkan suhu ban,” kata Rio seperti tercantum dalam akun Twitter resmi Manor Racing.

Meski menempati posisi terakhir dalam hasil sesi kualifikasi di Shanghai, Rio tampil lebih baik saat memacu mobil MRT05 dibanding rekan satu timnya Pascal Wehrlein. Pascal terdiskualifikasi setelah mobilnya menabrak pembatas lintasan.

Tim Manor menyebut kecelakaan Pascal disebabkan benjolan di lintasan sirkuit Shanghai dan bukan karena sisa air hujan. Manor mengaku spekulasi penggunaan ban SuperSoft terbayar dengan kecelakaan Pascal.

“Pascal kembali, tapi mobilnya tidak. Bukan berarti itu akan terjadi di mana pun. Suatu hal yang memalukan. Lintasan pada umumnya kering. Semua harapan tertumpu pada Rio sekarang,” ujar tim Manor saat sesi kualifikasi berlangsung selepas Pascal kembali ke garasi.

Panitia perlombaan Formula 1 China Grand Prix 2016 lantas menetapkan penundaan sesi kualifikasi selama 20 menit setelah mobil MRT05 Pascal menabrak pembatas jalan.

Selain Pascal, pebalap Mercedes sang juara musim 2015 Lewis Hamilton juga terdiskualifikasi menyusul persoalan pada Sistem Pemulihan Energi (ERS) pada sesi pertama kualifikasi.

“Pascal dan Hamilton gagal mencatatkan waktu kualifikasi dengan persyaratan 107 persen Q1, akan memulai lomba dengan kebijaksanaan pengurus perlombaan,” demikian pernyataan panitia perlombaan Formula 1.

Pebalap lain Mercedes, Nico Rosberg, justru meraih posisi pertama kualifikasi dengan catatan waktu satu menti 35,402 detik dan diikuti pebalap tim Red Bull Daniel Ricciardo dengan selisih waktu 0,515 detik.

(Antara)

Loading...

Related posts