Kampung Tua Dapur 12 Resmi Jadi Kampung KB Se-batam

Metrobatam.com, Batam -Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) baru saja meresmikan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) atau “Kampung KB” di Kampung Tua Dapur Dua Belas, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/5).

Menurut Abidinsyah Siregar, Deputi Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN, pemilihan Kampung KB di wilayah tersebut bukanlah tanpa alasan, karena kampung ini dinilai memiliki kriteria yang sesuai.

“Tempat ini tepat sebagai tempat pencanangan Kampung KB. Di mana, pencapaian tingkat KB di sini memiliki angka paling rendah secara rata-rata. Selain itu, alasan kedua adalah jumlah tingkat kemiskinannya yang tinggi,” ungkap dia kepada suara.com saat ditemui di acara peresmian Kampung KB di Kampung Tua Dapur Dua Belas, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Abidinsyah melanjutkan, dari 19 ribu orang yang menetap di kampung tersebut, hanya ada 3900 orang yang ber-KB, atau dengan kata lain, 65 persen penduduk di kampung tersebut tidak ber-KB.

Bacaan Lainnya

“Di sini terbalik, harusnya 65 persen itu yang ber-KB. Jadi, ini betul-betul adalah wilayah yang memiliki masalah besar,” ungkapnya.

Kampung KB yang ke-375 dari 514 yang akan dicanangkan di seluruh Indonesia ini, kata Abidinsyah, dipilih sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat berkualitas. Tak hanya itu, program ini nantinya akan dievaluasi secara rutin setiap tiga bulan, sesuai amanat Presiden Joko Widodo.

Abidinsyah juga menekankan Kampung KB diharapkan bisa membantu pembangunan keluarga yang berkualitas dan dalam waktu cepat bisa membuat perubahan.(MB/Suara)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *