Anggota DPRD Anambas Pesimis Bandara Letung Dioperasikan Pada Bulan Ramadhan

Metrobatam.com, Anambas – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA),  Firman Edy pesimis Bandara Letung dapat di operasikan H-1 Bulan Suci Ramadhan. Pasalnya dari pantauan Panitia Khusus (Pansus)  Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun anggaran 2015, masih banyak kekurangan pada fasilitas pendukung beroperasinya bandara tersebut.

“Dapat saya katakan mustahil kalau bandara Letung dapat beroperasi dalam waktu dekat, apalagi pada bulan suci ramadhan nanti,” demikian disampaikan Firman,  Minggu (15/5).

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu menyebutkan, sejumlah fasilitas penunjang seperti Mobil Pemadam Kebakaran,  Tower station, fire line, begitupula runway, Emergensi Walkway masih belum ada.

“Saat kita turun tanggal (12/5) fasilitas-fasilitas seperti ini masih belum ada, sedangkan tak dapat dipungkiri ini merupakan hal  yang harus dipenuhi untuk standar suatu bandara agar dapat dioperasikan,” bebernya.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian Firman tak menampik dirinya, maupun masyarakat sangat berharap Bandara letung dapat dioperasikan mengingat, transportasi udara ini merupakan solusi mengatasi persoalan transportasi yang melanda daerah ini. Apalagi sampai saat ini akibat belum bisa mendaratnya pesawat komersil di bandara khusus Matak membuat Kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu sangat bergantung dengan transportasi laut.

“Kalau sekarang bisa dilihat kita hanya bergantung dengan Fery cepat dan kapal Pelni, dan itupun kalau musim utara tiba fery cepat tak berlayar,” keluhnya.

Bahkan dari pantaun di lapangan tambah pria beranak tiga ini, belum tentu bandara Letung dapat dioperasikan akhir tahun mendatang. Hal ini mengingat banyak hal yang mesti dilengkapi oleh bandara, apalagi terkait dengan keselamatan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur,ST MM mengatakan,  sebelum puasa pesawat Susi Air sudah dapat beroperasi di Bandara Letung. Untuk itu pihaknya menggesa pembangunan Bandara tersebut,agar jadwal yang telah dipastikan tidak meleset.

“Sesuai dengan jadwal,bahwa H-1 puasa (Ramadhan), pesawat Susi Air sudah mendarat di Bandara Letung,” jelasnya.

Masykur mengungkapkan,  bahwa saat ini tim verifikasi dari Kementrian Perhubungan telah melakukan peninjauan,dan hasilnya yang akan memutuskan layak atau tidaknya Bandara digunakan. Dan pihaknya berencana untuk perpanjangan run way agar pesawat Boeing dapat mendarat di Bandara tersebut.(Mb/Haluankepri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *