Ini Perbedaan Aki Soak dengan Kurang Setrum

Metrobatam.com, Jakarta – Pernah punya pengalaman mobil susah menyala saat parkir? Bisa jadi masalahnya karena aki mulai soak, tetapi mungkin juga aki cuma kurang setrum. Pemilik mobil wajib tahu perbedaan keduanya.

Aki soak maksudnya, kemampuan komponen internal menyimpan energi listrik masuk masa pensiun. Aki adalah baterai yang terisi ulang saat mesin sedang hidup. Kalau soak, begitu mesin mati, tegangan yang tersimpan tidak lagi normal buat menyalakan mesin lagi.

Ketika memutar kunci buat menyalakan, mesin tidak mau hidup. Salah satu indikasinya, suara dinamo starter terdengar lemah.

Indikasi mobil tidak mau menyala juga terasa sama bila aki kurang setrum, tapi beda penyebab. Birul, mekanik dari Shop&Drive Pamulang menjelaskan, aki soak karena usia pemakaian, sedangkan kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup (proses pengisian).

Bacaan Lainnya

“Misalnya lupa mematikan lampu waktu parkir. Setrumnya berkurang, mesin susah hidup,” katanya kepada wartwan Senin (13/6/2016).

Aki mobil pada umumnya memiliki 12 volt, biasanya buat menyalakan mobil butuh setidaknya 9 volt. Aki soak tidak ada obatnya, mesti diganti yang baru. Mengganti cairan elektrolit pada aki basah cuma berlaku sementara.

Sedangkan aki kurang setrum masih bisa diisi ulang lagi.

 

(Mb/kompas)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *