Gembong Narkoba Freddy Budiman Dieksekusi Usai Lebaran

Metrobatam.com, Jakarta – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo membuka kemungkinan pelaksanaan eksekusi terpidana mati setelah lebaran tahun ini. Sejumlah nama terpidana mati disebut bakal masuk dalam daftar eksekusi tersebut, termasuk Freddy Budiman.

Hanya saja Prasetyo masih belum membeberkan secara jelas tentang rencana pelaksanaan eksekusi terpidana mati gelombang III tersebut. Prasetyo hanya mengatakan bahwa Nusakambangan masih akan menjadi lokasi untuk pelaksanaan eksekusi terpidana mati tersebut.

“Kita tetap menilai bahwa Nusakambangan (adalah) tempat ideal untuk eksekusi pidana mati khususnya kasus-kasus narkoba,” ucap Prasetyo di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (2/6).

Lalu apakah pemindahan Freddy Budiman ke Nusakambangan merupakan sinyal bahwa pelaksanaan eksekusi terpidana mati semakin dekat? Prasetyo tidak menjelaskannya secara gamblang.

Bacaan Lainnya

“Ada juga yang dari Nusakambangan dipindahkan ke luar seperti Ustaz Abu Bakar Baasyir. Selnya sekarang dihuni oleh Freddy Budiman. Apakah nanti itu akan memudahkan kita untuk eksekusi? Ya kita tetap menilai Nusakambangan ideal untuk eksekusi,” kata Prasetyo.

Prasetyo menyebut bahwa pemindahan terpidana bukanlah kewenangan dari jaksa. Tentang kewenangan pemindahan terpidana, lanjut Prasetyo, berada di tangan Kementerian Hukum dan HAM.

“Pemindahan terpidana bukan domainnya kejaksaan. Itu domain Menkumham. Sementara terpidana yang tentunya sesuai dengan pertimbangan mereka layak ditempatkan di Nusakambangan,” ucapnya.

Sebelumnya pada Jumat, 27 Mei 2016, Prasetyo mengaku saat ini Korps Adhyaksa tengah melakukan persiapan serta koordinasi dalam rangka eksekusi terpidana mati. Pelaksanaannya sendiri kemungkinan setelah Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Juli nanti.

“Kita masih persiapan dan koordinasi. Kalaupun dilaksanakan ya setelah lebaran lah. Masa puasa-puasa (bulan puasa, red) hukuman mati,” kata Prasetyo saat itu. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *