Rio Haryanto Terancam Dicoret dari F1, Ini 2 Calon Penggantinya

Metrobatam.com, Jakarta – Keikutsertaan Rio Haryanto di ajang Formula 1 2016 terancam terhenti usai GP Hungaria di Budapest, Hungaria, 24 Juli mendatang. Masalah utamanya, Rio belum membayar kekurangan dana 7 juta euro (sekitar Rp 101 miliar) dari 15 juta euro (sekitar Rp 218 miliar) yang diminta Manor Racing sebagai biaya balapan satu musim 2016.

Sampai detik ini, Rio baru bisa menyetorkan duit 8 juta euro ke Manor. Konsekuensinya, pembalap kelahiran Solo itu hanya bisa menggeber mobil MRT05–mobil Manor Racing–setengah musim saja, atau tepatnya hingga GP Hungaria.

Read More

Bila Rio benar-benar dicoret setidaknya ada dua orang yang berpeluang menggantikan Rio Haryanto sebagai pembalap utama tim Manor Racing. Mereka adalah Alexander Rossi dan Jordan King. Keduanya bukan pembalap sembarangan. Seperti Rio, Rossi dan King merupakan pembalap muda yang berpotensi.

Rossi adalah pembalap cadangan tim Manor. Untuk mengisi kegiatan balap 2016, Rossi mengikuti balapan IndyCar 500 Indianapolis di Amerika Serikat bersama tim Andretti Herta Autosport.

Bukan sekadar tampil balapan, Rossi mencetak prestasi top dengan menjuarai IndyCar 500 Indianapolis. Rossi sukses mengalahkan rekan setimnya Carlos Munoz. Rossi pun senang bukan kepalang. “Saya tak ragu bahwa kesuksesan ini mampu mengubah hidup saya,” kata Rossi.

Bukan tidak mungkin, prestasi jempolan ini bakal menarik minat Manor memboyong Rossi menggantikan Rio.

Sementara itu, Jordan King saat ini berstatus sebagai pembalap GP2 musim 2016. King sukses memenangi dua dari 10 balapan GP2 musim ini. Walhasil dia kini menempati posisi ke tujuh klasemen sementara pembalap.

Selain di GP2, King juga menjadi pembalap pengembang tim Manor Racing sejak 2015. Pembalap 22 tahun itu tampil mengetes mobil MRT05 di sirkuit Abu Dhabi dan Catalunya 2016.

King mengaku tak mau memikirkan peluangnya menggantikan Rio di Manor. “Saya pilij fokus ke perlombaan GP2. Jika sudah dapat panggilan (dari Manor) baru saya bicarakan,” kata King. (mb/tempo)

Loading...

Related posts