20 Tahun Lagi, Batam Ditargetkan seperti Singapura

Ilustrasi, Rencana Batam Tahun 2036

Metrobatam.com, Batam – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun optimistis Kota Batam mampu tumbuh dan berkembang menjadi seperti Singapura pada 2036. “Batam menjadi seperti Singapura, 20 tahun lagi lah,” kata Gubernur saat menghadiri perayaan Hari Nasional Singapura ke-51 di Batam, Rabu (3/8).

Meski saat ini tengah terjadi krisis ekonomi, namun pembangunan di Batam harus tetap berjalan agar ekonomi terus tumbuh. “Belajar dari Singapura, pada saat krisis 1998, Singapura terus membangun, ekonomi dan infrastruktur,” kata Gubernur.

Ia juga optimistis kerja sama ekonomi antar dua negara akan terus dilakukan, meski saat ini ekonomi tengah sulit.
Sebagai tetangga, Batam dan Singapura harus sama-sama mendorong dan terkait. Bila Singapura maju, Batam dan daerah lain di Indonesia akan ikut maju.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengajak pengusaha Batam Kepulauan Riau untuk melanjutkan kerja sama antar pemerintah demi peningkatan ekonomi. “Yang penting hubungan silaturahmi tidak hanya pemerintah, tapi business to business, Kadin, Apindo dan pengusaha lainnya,” kata dia. “Hadapi tantangan yang ada, bongkar cari solusi. Dorong investasi.”

Bacaan Lainnya

Di tempat yang sama, Menteri Negara Singapura untuk Luar Negeri, Maliki Bin Osman meyakinkan pengusahanya tetap menjadi penanam modal terbesar di Kepri. “Walaupun ekonomi dunia saat ini melambat, Singapura tetap menjadi investor terbesar dan mitra dagang utama bagi Kepri,” kata dia.

Selain bidang penanaman modal, ia menilai sektor pariwisata Kepri juga sangat baik. “Setiap tahun pengunjung dari Singapura selalu bertambah. Lebih dari satu juta pengunjung Singapura menggunakan delapan terminal feri internasional di Batam, Bintan Karimun yang terhubung dengan dua terminal feri Singapura,” kata dia.

Mb/Antara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *