China Kerahkan Jet Tempur dan Pembom ke Laut Cina Selatan

Metrobatam, Bejing – China dilaporkan telah mengirimkan pesawat pembom dan jet tempur dekat pulau sengketa di Laut Cina Selatan (LCS). Pengerahan armada militer ini adalah dalam rangka melakukan perang latihan setelah pengadilan arbitrasi di Den Haag pada bulan lalu memutuskan China tidak memiliki hak historis terhadap LCS.

Menurut seorang Kolonel Senior Shen Jinke dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Angkatan Udara (AU) China telah mengirim sejumlah pesawat bomber H-6 dan jet tempur Su-30. Pengiriman ini bertujuan untuk memeriksa wilayah udara di sekitar Kepulauan Spratly dan Scarborough Shoal.

“AU saat ini tengah melakukan proses normalisasi patroli tempur di LCS, melakukan latihan, hingga meningkatkan kemampuan respons terhadap segala jenis ancaman keamanan dan menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan maritim,” ujar Kolonel Jinke, sebagaimana dilansir Express, Minggu (7/8).

Dalam kesempatan terpisah, Jepang mengeluarkan protes baru setelah kapal penjaga pantai China dan sekira 230 kapal nelayan berlayar dekat perairan yang diklaim Jepang. Merespons insiden ini, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama memanggil Duta Besar China untuk Jepang, Cheng Yonghua untuk mengajukan protes keras.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, dalam sebuah pernyataan yang di-posting di situs kementerian, mengatakan China memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan atas pulau-pulau dan perairan di dekatnya. (mb/okezone)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *