Pertama di Dunia, Singapura Segera Operasikan Taksi Tanpa Sopir

Metrobatam, Singapura – Singapura bersiap-siap menjadi “negara pintar” pertama di dunia, dengan rencana peluncuran taksi tanpa pengemudi. Pihak-pihak berwenang Singapura telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan software nuTonomy untuk menguji kendaraan auto tersebut pada Maret.

Perusahaan otomotif, Delphi Automotive, juga menawarkan sejumlah kecil armada taksi tanpa pengemudi untuk mengantar penumpang di sekitar daerah bisnis Singapura. Taksi tanpa pengemudi ini dapat menurunkan ongkos sebesar 3 dolar AS atau sekitar Rp39.000 per mil menjadi 90 sen atau sekitar Rp 12.000.

Awalnya, taksi-taksi itu tetap membawa pengemudi yang siap mengambil alih kendaraan jika terjadi kegagalan sistem. Namun, menurut rencana pengemudi taksi berangsur-angsur akan ditiadakan pada 2019.

Sejumlah kecil armada yang terdiri dari enam kendaraan Audi akan beroperasi sepanjang 5,6 kilomter di One North, daerah bisnis di Singapura. Sebelum 2019, rencananya akan tersedia mobil tanpa pengemudi sepenuhnya dan tanpa kemudi.

Bacaan Lainnya

Namun, hanya akan diuji dengan “sekelompok orang yang terkontrol”, kata Delphi Automotive. Uji coba ini akan berakhir pada 2020 dengan rencana untuk meluncurkan armada yang lebih banyak.

Taksi-taksi ini akan dilengkapi dengan perangkat lunak sehingga penumpang dapat memesannya, hampir sama dengan layanan berbagi tumpangan dari perusahaan Uber dan Lyft.(mb/kompas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *