Puting Beliung Rusak Sejumlah Bangunan di Batam

Metrobatam.com, Batam – Angin puting yang menerjang kawasan Batubesar Kota Batam, Provinsi Kepri, Rabu mengakibatkan sejumlah atap bangunan rusak.

“Kejadian sekitar pukul 05.00 WIB. Angin datang begitu cepat dan kencang sehingga mengangkat atap 22 unit ruko yang sudah selesai dibangun,” kata seorang pekerja Ruko Cipta Mandiri, Rofani di lokasi kejadian, Rabu pagi.

Ia mengatakan 22 unit ruko dua lantai tersebut terbagi dalam dua blok masing-masing 10 unit dan 22 unit. Atap ruko terbuat dari baja ringan dan spandek (lembaran baja tipis untuk dipakai sebagai penutup atap).

“Angin bertiup sekitar 15 menit. Atap perumahan yang posisinya lebih dibawah sempat terguncang-guncang juga, namun tidak sampai terangkat. Hanya atap ruko yang posisinya lebih tinggi yang terangkat,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini sejumlah pekerja masih mengumpulkan sisa-sisa material bangunan yang jatuh berserakan didepan ruko. Sejumlah pekerja lain nampak memperbaiki kerusakan pada atas atap.

“Seingat saya sudah tiga kali terjadi angin puting beliung di sini. Dulu dinding perumahan yang tengah dibangun juga roboh diterjang angin puting beliung,” kata Rofani.

Selain ruko tersebut, setidaknya empat unit rumah di Kampung Melayu Batubesar Batam juga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon yang roboh.

Sejumlah pohon lain di sekitar Batubesar juga roboh namun tidak menimpa rumah. Sebuh baliho tidak jauh dari RS Bhayangkara Polda Kepri Batubesar Batam juga patah tertiup angin.

“Kami sempat kaget. Angin datang tiba-tiba disertai hujan cukup lebat. Apalagi sekeliling rumah semua pohon kelapa,” kata warga Batubesar Dedi.

BMKG Hang Nadim dalam laman resminya memperingatkan ancaman cuaca curuk masih berpeluang terjadi di wilayah Kepri termasuk Batam.

Dalam laman tersebut BMKG memperkirakan wilyah Kepri masih akan dilanda hujan sedang hingga lebat yang terkdang disertai anginkencang dan petir. (mb/antara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *