BMKG Ingatkan Operator Transportasi Laut, Gelombang bisa Sampai 4 Meter

Metrobatam, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia mewaspadai potensi hujan lebat mulai hari ini hingga 30 September. Dari kondisi atmosfer terpantau indikasi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Dalam rilis dari Kedeputian Bidang Meteorologi-BMKG, Senin (26/9), beberapa wilayah di Indonesia yang terpantau indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni:
Sumatera Selatan, Lampung, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah/Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Timur, Bali, Maluku dan Maluku Utara, dan Papua Barat.

Read More

Untuk itu BMKG mengingatkan kepada para pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter.

Gelombang tinggi akan terjadi di perairan Laut Andaman, Perairan Kepulauan Nias dan Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu dan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB

Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui:

– call center 021-6546318 ;
– http://web.meteo.bmkg.go.id ;
– follow @infobmkg, playstore:info BMKG;
– atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (mb/detik)

Loading...

Related posts