Kualifikasi Piala Dunia, Swedia vs Belanda Berakhir Imbang 1-1

Metrobatam, Solna – Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A zona Eropa antara Swedia vs Belanda berakhir tanpa pemenang. Kedua tim berbagi angka 1-1.

Bagi Belanda, hasil ini terbilang mengecewakan. Sebab, mereka melewati international break kali ini tanpa kemenangan sama sekali. Sebelumnya, Oranje kalah 1-2 ketika bertanding melawan Yunani di kandang sendiri pekan lalu.

Bertanding di Friends Arena, Solna, Rabu (7/9/2016) dini hari WIB, Belanda boleh mendominasi penguasaan bola (70:30) dan unggul dalam jumlah peluang, 24 attempts (9 on target):8 attempts (3 on target), tetapi justru Swedia yang lebih dulu mencetak gol.

Di babak pertama, Belanda sempat mendapatkan dua peluang via gelandang milik Ajax, Davy Klaassen, di 20 menit pertama pertandingan. Tetapi, tendangan dan sundulan Klaassen yang dilepaskan dari dalam kotak penalti masih bisa dihentikan
kiper Swedia, Robin Olsen.

Bacaan Lainnya

Swedia lantas membalas via Oscar Wendt di menit ke-20. Tetapi, tendangan kaki kanan Wendt dari luar kotak penalti melebar.

Striker Belanda, Vincent Janssen, juga melakukan usaha serupa (melepaskan tendangan dari luar boks) pada menit ke-26,
tetapi Olsen menghentikannya. Sedangkan sundulan bek Swedia, Andreas Granqvist, pada menit ke-40 melebar.

Swedia akhirnya unggul ketika pertandingan memasuki menit 43. Berawal dari serangan dari sisi kanan, bola diberikan kepada Marcus Berg yang berada di dalam kotak penalti Belanda. Bola kemudian dihalau dan dikuasai oleh pemain Belanda, tetapi Berg berhasil merebutnya kembali.

Usai merebut bola, Berg tidak membuang banyak waktu. Ia lantas melepaskan sepakan lob yang melewati kiper Belanda, Jeroen Zoet.

Ketinggalan satu gol membuat Belanda gencar menekan di paruh kedua pertandingan. Janssen mendapatkan kans lewat tendangan kaki kanan dari dalam boks, namun melambung. Sedangkan tendangan Wesley Sneijder usai menerima umpan Daley Blind melambung.

Baru pada menit ke-66, Belanda menyamakan kedudukan. Gol penyama skor itu diawali oleh tusukan Darryl Janmaat dari sisi kanan. Tendangan kaki kiri Janmaat masih bisa ditepis oleh Olsen, namun bola rebound langsung disambar oleh Sneijder. 1-1.

Dalam kedudukan 1-1, Belanda mendapatkan sejumlah kans untuk membalikkan kedudukan. Tetapi, dua peluang yang didapatkan oleh Janmaat dan Sneijder setelah gol Sneijder justru melenceng dari sasaran.

Sedangkan usaha dari Janssen menjelang injury time juga tidak membuahkan hasil lantaran tendangannya melambung.

Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan 1-1. Dengan hasil ini, Belanda berada di posisi kedua Grup A dengan nilai 1, sama seperti tiga tim lainnya. Sementara, Swedia berada di posisi ketiga juga dengan nilai 1.

Susunan Pemain
Swedia: Olsen, Granqvist, Lindelof, Wendt, Lustig, Hiljemark, Fransson, Forsberg, Rohden (Kujovic 76), Guidetti (Nyman 64), Berg (Durmaz 89).

Belanda: Zoet, Van Dijk, Bruma, Janmaat, Blind, Strootman, Klaassen, Wijnaldum (Dost 66), Sneijder, Promes (Berghuis
78), Janssen.(mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *