Nama Soerya Respationo Mencuat di Bursa Cawagub Kepri

Soerya Respationo

Metrobatam.com, Batam – Soerya Respationo dikabarkan ikut mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) Kepulauan Riau (Kepri). Untuk memuluskan keinginannya, Soerya telah melakukan lobi terhadap lawan politiknya untuk mendampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Soerya pun menjadi salah satu calon kuat calon wakil gubernur. Selain Soerya, ada dua nama lain bakal calon kuat yakni mantan Kepala BP Batam Mustofa Widjaja dan Kepala Dispenda Kepri Isdianto.

Read More

Soerya telah melakukan pertemuan dengan petinggi partai lawan politiknya, seperti PPP, Gerindra dan PKB. Beberapa diantaranya setuju mengusung Soerya sebagai wakil gubernur. ” Kami ada ditelpon dari Jakarta (Ketua Umum PKB). Isinya menanyakan soal beliau (Soerya),” ujar Sirajuddin Nur, Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dihubungi, Sabtu (3/9).

Sejauh ini, kata Sirajuddin, PKB belum memberikan sinyal terkait dukungan terhadap mantan wakil gubernur Kepri itu. Sinyal pembahasan secara intensif mengenai hal tersebut, juga belum digelar. ”Belum ada pembahasan di internal partai,” kata dia.

Sirajuddin pun sudah mendengar kabar Soerya yang ikut mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur. Namun, sejauh ini, kata dia, belum ada nama-nama bakal calon wakil gubernur masuk ke DPRD Kepri.

“Kabarnya ada tiga calon kuat, Selain Soerya Respationo ada Mustofa Wijaya dan Isdianto. Tapi nama-namanya belum masuk,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Kepri ini.

Majunya Soerya  bertarung menjadi wakil gubernur bukanlah tanpa alasan. Mendagri kembali memberi batas waktu 45 hari kedepan sehingga lobi politik tingkat atas berpeluang dilakukannya. ” Lobi-lobi politik tingkat pusat sudah dilakukan Pak Soerya bahkan salah satu partai telah dipastikan memberikan dukungan,” kata Pejabat Kepri yang enggan namanya disebutkan, Minggu (4/9).

Masuknya nama Soeryo sebagai calon bahkan dikabarkan salah seorang calon bakal mundur karena gubernur hanya menerima dua calon, kalau tiga calon diajukan partai pengusung maka akan dikembalikan.

“Hanya dua calon diterima gubernur baru bisa diajukan terhadap DPRD Kepri,” kata dia.

“Soeryo kalau menjadi kandidat berpotensi menang karena PDIP punya 28 kursi di DPRD Kepri, namun syaratnya Soeryo harus melepas jabatan ketua partai,” ujar sumber. Kabar mengenai Soerya Respationo melakukan pertemuan dengan petinggi partai rival politiknya dibenarkan pihak Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepri.

Soerya menjalin komunikasi intens dengan sejumlah partai untuk duduk mendampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun. “Ya benar beliau (Soerya Respationo) sudah ketemu Ketua Umum dan Sekjen DPP PPP untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi,” ujar Ketua DPW PPP Kepri Sarafuddin Aluan, Minggu (4/9).

Namun, Sarafuddin tidak menjelaskan isi pertemuan mantan gubernur Kepri itu dengan petinggi PPP. “Saya pikir wajar saja dalam politik membangun komunikasi sesama petinggi partai,” kata Sarafuddin.

 

Mb/Haluankepri

Loading...

Related posts