London – Tim nasional Inggris berhasil meraih poin penuh dalam laga kedua babak grup kualifikasi Piala Dunia 2018. Kemenangan itu dituai setelah Wayne Rooney dkk. mengalahkan Malta 2-0.

Dalam kualifikasi Grup F di Wembley, Sabtu (8/10) malam WIB, caretaker timnas Inggris Gareth Southgate mengubah komposisi pemain. Dia tak menggunakan susunan pemain saat mereka menghadapi Slovakia.

Menggunakan sistem 4-3-3, Southgate mendaulat Jesse Lingard menggantikan Adam Lallana. Kesempatan itu sekaligus menjadi debut Lingard di timnas senior. Selain itu, Ryan Bertrand, Dele Alli, Theo Walcott, dan Daniel Sturridge menjadi starter menggantikan Danny Rose, Eric Dier, Raheem Sterling, dan Harry Kane.

Statistik menunjukkan Inggris tampil amat dominan atas Malta dengan penguasaan bola 80%:20% dalam laga itu. Inggris membuat 20 percobaan dengan sepuluh yang tepat sasaran. Sementara Malta hanya menciptakan satu tembakan on goal dari satu kali percobaan.

Inggris sudah memimpin pertandingan di menit 29, meskipun sempat dibuat kesulitan pada menit-menit awal. DI menit ke-19, Inggris harus menarik keluar Bertrand yang mengalami cedera otot. Posisinya digantikan Danny Rose.

Kesmepatan untuk memimpin pertandingan datang empat menit kemudian. Mendapatkan umpan silang dari Henderson, Sturridge menyundul bola ke gawang Malta dan tak bisa diantisipasi kiper Malta, Andrew Hogg. Inggris memimpin pertandingan 1-0.

The Three Lions menggandakan kedudukan di menit ke-38. Tembakan Alli sempat diblok namun dia berhasil menyambar bola rebound dan mengarahkannya ke gawang Malta. Inggris pun unggul 2-0.

Kedudukan tak berubah
Beberapa peluang kembali dibuat oleh para penggawa Inggris di babak kedua. Termasuk beberapa kali usaha Rashford yang diturunkan di babak kedua menggantikan Walcott punbelum berhasil menambah koleksi gol Inggris.

Tambahan tiga poin itu membuat Inggris untuk sementara menguasai papan klasemen dengan nilai 6. Sebelumnya mereka juga menang atas Slovakia 1-0. Sementara Malta mengisi posisi paling buncit dengan belum berhasil mendapatkan satu poin pun dan sudah defisit enam gol.

Susunan pemain:
Inggris: Hart; Walker, Stones, Cahill, Bertrand (Rose 19′); Alli, Henderson, Rooney; Walcott (Rashford 68′), Sturridge (Vardy 74′), Lingard.

Malta: Hogg; Borg, Zach Muscat, Agius, Camilleri, Alex Muscat; Kristensen, Sciberras, Fenech; Schembri (Rowen Muscat 86′), Effiong (Mifsud 76′)(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...