Oknum Anggota Polsek Sekupang Batam OTT Saat Pungli, Ini Kronologinya

Kabid Humas Polda Kepri AKBP S Erlangga

Metrobatam.com, Batam – Oknum anggota Polisi Polsek Sekupang, Kota Batam, R tertangkap tangan saat melakukan pungutan liar sebesar Rp4,750 juta pada seorang pengusaha elektronik yang truknya ditahan beberapa waktu lalu.

“Betul, tapi ke Kabid Humas saja ya? Satu pintu,” kata Kabid Propam Polda Kepri AKBP Naik Simanjuntak di Batam membenar kejadian yang terjadi Kamis (13/10) malam tersebut.

Read More

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian sudah membentuk tim untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh oknum anggota sesuai perintah Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Plt Kabid Humas Polda Kepri AKBP S Erlangga mengatakan, R diamankan setelah melakukan pungli kepada pengusaha elektronik bekas sebesar Rp4,750 juta.

“Anggota bersama barang bukti uang sebesar Rp4,750 juta sudah diamankan. Saat ini sedang dalam proses internal,” kata Erlangga.

Kegiatan tangkap tangan tersebut, kata dia, terjadi di Polsek Sekupang sekitar pukul 23.00 WIB.

Sebenarnya, kata Erlangga, truk yang diamankan oleh anggota di Jalan Gajah Mada Tiban Cipta Puri, Sekupang tersebut memiliki dokumen lengkap. Namun dipaksakan untuk ditahan.

“Dokumen truk tersebut lengkap. Barangnya legal, namun dipaksakan juga ditahan,” kata Erlangga.

Penahanan tersebut diduga merupakan modus untuk melakukan pemerasan kepada penguasa elektronik bekas tersebut. Dalam kasus ini bukan dari pengusaha yang memberikan uang.

“Kasus ini murni pungutan liar. Pengusaha diperas untuk menuruti permintaan oknum tersebut. Jadi bukan inisiatif pengusaha untuk memberikan gratifikasi pada oknum,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian menegaskan pihaknya tengah melakukan bersih-bersih terhadap instansi yang dipimpinnya.

“Kami tengah melakukan perbaikan internal. Bukan hanya kami lakukan OTT pada eksternal saja, internal juga harus dibenahi,” kata Sam.

 

Mb/Antara

Loading...

Related posts