TNI AL Amankan Kapal BBM Berbendera Belize di Perairan Kepri

Metrobatam, Karimun – Tim WFQR-4 Lanal Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riua mengamankan sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) berbendera Negara Belize. Kapal SPB Dewi Nabila ini diamankan petugas di perairan Tanjung Sebatak Leho pada akhir pekan lalu.

“Selain kapal, kami juga mengamankan enam ABK (anak buah kapal) merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan satu narkoda kapal bernama Suaib,” ucap Komandan Lantamal IV Laksma TNI S.Irawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/10).

Berdasarkan hasil penyelidikan TNI AL, kapal jenis Self Propelled Barge dengan berat 146 GT itu merupakan milik CV Star Formula. Menurut pengakuan nakhoda, kapal akan memuat BBM di OPL. Tujuan kapal bergerak dari Tanjung Sebatak, Tanjung Balai Karimun menuju OPL Barat.

“Sebelum melakukan kegiatan pengakutan BBM yang diduga ilegal, kita berhasil mengamankannya,” tukasnya.

Bacaan Lainnya

Dari pemeriksaan awal, terdapat beberapa pelanggaran yaitu kapal berlayar dari Tanjung Balai Karimun menuju OPL Barat Singapura berlayar tanpa persetujuan berlayar (SPB).

Selain itu, paspor tiga ABK tidak dicap keluar oleh imigrasi Indonesia sedangkan tiga lainnya tidak memiliki buku pelaut. Kapal diduga akan melakukan kegiatan BBM ilegal di OPL. “Sedangkan pelanggaran lainnya sedang dalam pendalaman Tim WFQR Lanal Tanjung Balai Karimun termasuk pemeriksaan narkoba,” ucapnya.

Kapal kini berada di Dermaga Mako Lanal Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menurut Irawan, pihaknya akan sering melakukan patroli karena praktik penyelundupan marak menjelang akhir tahun.

“Dari beberapa laporan masyarakat, menjelang akhir tahun banyak kegiatan dari kelompok ataupun perorangan yang melakukan kegiatan penyeludupan dengan memanfaatkan pelabuhan tikus yang minim pengawasan aparat,” tandasnya.(mb/okezone)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *