Ini Baru “Bos” Berikan Bonus Tahunan Apartemen dan Mobil

Metrobatam.com – Bonus, apresiasi yang paling ditunggu-tunggu karyawan di mana pun setelah setahun bekerja keras. Biasanya bonus berupa gaji tambahan, namun tidak demikian halnya bonus yang diterima para karyawan di sebuah perusahaan di India dari bosnya.

Seperti dilansir CNN Money, sang bos, Savji Dholakia, memberikan hadiah mewah. Tak tanggung-tanggung, pendiri sekaligus pemilik distributor berlian Hari Krishna Exports ini memberikan 1.200 mobil dan 400 apartemen untuk 1.700 karyawannya.

Dholakia juga memilih beberapa dari total 5.500 karyawan untuk diberikan bonus tambahan senilai US$7,7 juta atau lebih dari Rp100 miliar. Menurut Dholakia, hadiah tambahan tersebut ia berikan berbekal indikator kesetiaan, kemampuan dan nilai tambah lain.

Keseluruhan hadiah tersebut diberikan Dholakia bertepatan dengan Diwali, perayaan Hindu terbesar di India. Di momen tersebut orang sering saling memberikan hadiah, termasuk para bos. Mereka kerap memberikan bonus, hadiah atau bingkisan untuk karyawan.

Bacaan Lainnya

Bukan kali ini saja Dholakia berbaik hati memberikan bonus mewah kepada para karyawannya, melainkan sudah sejak bertahun-tahun lalu. Agaknya tidak ada bos lain yang seroyal Dholakia. Maka wajar bila ia disebut bos paling dermawan di India.

Dholakia mengatakan, 20 tahun lalu ia pernah memberikan kendaraan miliknya untuk tiga karyawan terbaik. Sejak itu, ia menjadi ‘sinterklas.’ Dua tahun lalu, ia memberikan 200 unit apartemen, 400 mobil, dan 500 paket perhiasan kepada 1.200 karyawannya.

Tahun ini, perusahaan yang ia bangun dengan tiga saudaranya memasuki usia seperempat abad. Dan ia semakin ingin memberikan penghargaan kepada para karyawannya.

“Nilai ekspor kami telah mencapai US$700 juta dan telah mengirim hingga lebih dari 70 negara. Namun tidak ada yang lebih berharga bagi kami selain karyawan kami sendiri,” kata Dholakia.

Sebuah survei yang dilakukan di antara para karyawan India mengungkap bahwa mereka berharap diberikan uang tunai atau voucher saat Diwali. Selain dua hal tersebut, gawai dan perabotan rumah tangga juga jadi benda yang diharapkan diterima pegawai saat Diwali.

Meski mobil dan apartemen tidak masuk dalam daftar benda paling diinginkan karyawan pada Diwali, namun Dholakia yakin hadiahnya tersebut dapat bermanfaat.

“Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan kebahagiaan yang kami lihat dari mereka, dan kami merasakan kebahagiaan itu juga,” kata Dholakia. “Bila para bos menjaga kebahagiaan para karyawannya, Tuhan akan menjaga semua pihak bahagia.”

(MB/CNN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *