Liverpool – Liverpool sukses merebut puncak klasemen Premier League di pekan ke-11. Kemenangan telak 6-1 atas Watford mengantarkan langkah mereka ke posisi teratas.

Liverpool menjalani laga yang relatif nyaman saat menjamu Watford di Anfield, Minggu (6/11) malam WIB. Sejak selepas kick-off, mereka menguasai permainan dan menunjukkan besarnya potensi ancaman dari lini serangnya.

Setelah sejumlah peluang terlewatkan, Liverpool membuka skor di menit ke-27 lewat Sadio Mane. Philippe Coutinho dan Emre Can lantas menyusul di menit ke-30 dan 43, membawa Liverpool menutup paruh pertama unggul 3-0.

Tekanan Liverpool berlanjut di babak kedua. Roberto Firmino menjauhkan keunggulan timnya di menit ke-57, disusul gol kedua Mane tiga menit berselang.

Watford sempat menipiskan selisih dengan gol Daryl Janmaat saat laga masuk menit ke-75. Tapi Liverpool kembali memperlebar jarak di masa injury time, kali ini lewat Georginio Wijnaldum.

Kemenangan telak ini mengantarkan Liverpool ke puncak klasemen sementara dengan nilai 26 dari 11 pekan. Mereka unggul satu poin dari Chelsea di posisi dua. Sedang Watford tertahan di posisi delapan dengan 15 poin.

Jalannya Pertandingan
Liverpool jadi kubu yang pertama memberikan ancaman langsung ke gawang. Adam Lallana melakukan tusukan di sisi kiri, lalu melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Roberto Firmino menyambut bola dengan tendangan first time, namun masih tepat ke arah kiper.

Watford merespons tak lama berselang melalui sepakan dari luar kotak penalti. Percobaan Nordin Amrabat juga masih mudah diantisipasi kiper karena mengarah ke tengah.

Liverpool mendapatkan kesempatan lain di menit ke-12, kali ini dari situasi bola mati. Umpan lambung James Milner ditanduk Lucas Leiva di dalam kotak penalti, namun masih melebar ke kanan gawang.

Empat menit kemudian, Liverpool melewatkan sebuah peluang bagus. Dari sepak pojok di sisi kanan, umpan lambung sempat dibelokkan Firmino dan jatuh di kaki Milner yang berdiri bebas di tiang jauh. Hanya saja sepakannya terbaca oleh Heurelho Gomes dan ditepis.

Peluang bagus lainnya dari Liverpool di menit ke-20, lagi-lagi terbuang. Coutinho dengan cerdik melewati satu pemain belakang saat menerima umpan Sadio Mane. Dengan ruang tembak yang terbuka, sepakannya malah menyasar sisi kiri gawang.

Liverpool terus melancarkan tekanan dan membangun peluang. Sepakan Milner di menit ke-22 masih mudah ditangani kiper. Sementara Firmino membuang kans bagus saat menerima umpan terobosan Coutinho dan berdiri bebas, di mana tendangannya melenceng ke kanan.

Liverpool pada akhirnya benar-benar mendapatkan gol saat laga menginjak menit ke-27. Umpan lambung Coutinho menyusul skema sepak pojok disambut sundulan Mane dan bola tak mampu dihentikan Gomes.

Tiga menit kemudian, Liverpool menambah keunggulan. Usai menerima umpan Firmino di sisi kiri, Coutinho bergerak memotong ke tengah dan melepaskan sepakan mendatar ke pojok kiri gawang. Gomes tak bisa menjangkau bola.

Tak lama kemudian, Watford harus mengganti kiper. Gomes mengeluhkan lutut kirinya hingga akhirnya digantikan Costel Pantilimon.

Tekanan terus berlanjut untuk Watford. Sebuah sundulan dari Coutinho belum membahayakan gawang mereka karena melebar ke kiri.

Namun di menit ke-43, Watford kembali kebobolan. Firmino memenangi bola pertama dan operannya diterima Coutinho. Coutinho mengarahkan bola ke Lallana di sisi kanan, yang diteruskan umpan silang ke tiang jauh. Emre Can berdiri bebas di sana, lantas menanduk bola dengan leluasa ke dalam gawang.

Jelang babak pertama berakhir, Liverpool memberikan ancaman lainnya dari bola mati. Eksekusi Milner dari sisi kiri bisa ditepis Pantilimon. Tak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

Tiga menit babak kedua berjalan, Liverpool mengancam lewat Coutinho dari luar kotak penalti. Namun percobaannya melebar ke kanan.

Watford balas menekan di menit ke-52. Daryl Janmaat melepaskan sepakan keras dari jarak jauh, hanya saja arahnya masih tepat ke Loris Karius.

Tekanan gencar yang dilakukan Liverpool pada prosesnya membuahkan hasil lagi di menit ke-57. Bermula dari tendangan bebas, bola sapuan Watford kembali dimenangi Liverpool dan diarahkan ke Jordan Henderson di sisi kiri.

Henderson lantas menyodorkan bola ke Lallana yang berlari dari lini kedua, dan diteruskan dengan umpan silang. Umpannya kemudian disambar Firmino di depan gawang dan berakhir sebagai gol.

Tiga menit kemudian, gol lain tercipta. Liverpool memenangi duel perebutan bola hasil tendangan gawang Watford. Henderson melepaskan umpan ke Firmino di sisi kanan.

Setelah sempat menahan bola, Firmino mengarahkan bola ke depan gawang. Mane yang lolos dari pengawalan, menceploskan bola dengan mudah ke dalam gawang.

Setelah tertinggal jauh, Watford baru mulai lebih berani menyerang. Sebuah percobaan dari Etienne Capoue di menit ke-68 jadi ancaman serius untuk Liverpool, meski bisa diamankan Karius.

Semenit berselang, Watford menebar bahaya lagi. Umpan silang Holebas dari sisi kanan dicocor Miguel Britos, Karius menunjukkan respons cemerlang dan menepis bola di pojok kanan gawang.

Watford pada prosesnya memperkecil ketertinggalan di menit ke-75. Sodoran Amrabat di sisi kanan diteruskan dengan sepakan mendatar Janmaat ke pojok kiri gawang. Karius tak mampu menjangkau bola.

Tekanan berlanjut untuk Liverpool. Dua menit berselang Odion Ighalo melakukan percobaan dari luar kotak penalti, bisa diamankan oleh Karius.

Liverpool balas mengancam tak lama kemudian, melalui Daniel Sturridge yang menerima umpan dari Coutinho. Upayanya masih membentur mistar gawang.

Sturridge melakukan tusukan di menit ke-81, saat menerima umpan Henderson di sisi kanan d dalam kotak penalti. Kali ini sepakannya bisa dibaca oleh Pantilimon.

Coutinho melewatkan sebuah peluang bagus di menit ke-86, ketika dalam posisi bebas menerima umpan sialng dari Nathaniel Clyne. Sepakan Coutinho melayang jauh di atas gawang.

Dua menit kemudian, upaya Sturridge kembali menerpa mistar gawang. Tendangannya sempat tersentuh ujung jari Pantilimon sehingga sedikit berubah arah.

Ancaman dari Liverpool untuk Watford terus berlangsung. Tendangan Firmino dari kiri di menit ke-88 diantisipasi oleh Pantilimon, begitu juga dengan percobaan Sturridge dari sudut sempit tak lama berselang.

Liverpool lantas menambah satu gol lagi di masa injury time. Mulanya tendangan terukur Sturridge ditepis, tapi Georginio Wijnaldum dalam posisi pas untuk menyambut bola pantul. Dengan enteng dia menceploskan bola ke dalam gawang. Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu. Liverpool menang telak 6-1.

Susunan pemain:
Liverpool: Karius, Clyne, Lucas, Matip, Milner, Can, Henderson, Lallana (Sturridge 71′), Mane (Wijnaldum 63′), Firmino, Coutinho (Ejaria 87′)

Watford: Gomes (Pantilimon 33′), Janmaat, Kaboul, Britos, Holebas, Amrabat, Behrami (Watson 61′), Capoue, Pereyra (Zuniga 86′), Ighalo, Deeney.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...