Metrobatam.com, Tanjungpinang – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kabupaten Karimun (IMKK) yang berkedudukan di Tanjungpinang gelar pawai obor.

Pawai obor ini sendiri dilakukan untuk mengingatkan kembali nilai-nilai perjuangan pahlawan yang telah memperjuang kemerdekaan Indonesia, yang dirasa sudah saat ini mulai luntur dikalangan Pemuda dan Mahasiswa.

Ketua IMKK, Rudi Saputra kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat juang, para Pemuda dan Mahasiswa, khususnya Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Karimun.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membangkit kembali semangat juang para pemuda, mahasiswa bukan hanya sekedar sebagai pengikut,” kata Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Ini, Kamis (10/11)

Dikatakan Rudi, semangat juang Pemuda dan Mahasiswa sudah pudar dengan pengaruh modernisasi, karena Mahasiswa terkesan apatis atau tidak mau mengambil tau tentang permasalahan yang ada disekitar.

“Nilai-nilai semangat juang para pahlawan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari, hari Pahlawan 10 November 2016 momentum kita untuk memperbaiki diri dengan berlandaskan semangat juang para pahlawan yang telah mengorbankan harta dan nyawa hanya untuk kemerdekaan Indonesia,” harapnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Himpunan Mahaisiswa Kundur (HIMK) Kota Tanjungpinang, Hizriadi mengatakan 10 November 1945 merupakan momentum sejarah yang harus melekat dalam diri para Pemuda dan Mahasiswa. Dahulu Pahlawan memperjuangkan kemerdekan Indonesia dengan mengorbankan jiwa, raga dan harta. Sekarang ini, lanjut Hizriadi Mahasiswa dan Pemuda semakin larut buaiyan kehidupan yang cenderung kearah negatif.

Menurutnya bangsa Indonesia kini tidak lagi berperang dengan fisik seperti yang dilakukan Pahlawan untuk kemerdekan Indonesia, akan tetapi bangsa Indonesia dijajah secara ekonomi.

“Kolonialisme telah bertransformasi, yang dahulu menjajah secara fisik, namun sekarang penjajahan secara ekonomi, dominasi ekonomi dari pihak luar mulai mengcekam Indonesia. Ini lah perlu merefleksikan nilai-nilai semangat juang Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya

Degan kegiatan ini dia, berharap agar Pemuda dan Mahasiswa tidak mudah untuk melupakan jasa para Pahlawan yang telah berjuang. untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan para Pahlawan bisa dilakukan dengan hal-hal yang positif.

Selain menurut dia, dengan kegiatan ini dapat lagi mempererat tali silaturahmi antara Mahasiswa Kabupaten Karimun yang ada di Kota Tanjungpinang.

Pawai obor ini sendiri dimulai dari lapangan Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang hingga makam pahlawan Kilometer 5 bawah.

Dalam pawai obor juga ditampilkan pembacaan puisi oleh Mahasiswa, orasi dan doa bersama untuk para Pahlawan yang telah berjuang tampa pamrih untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.(Budi Arifin)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...