Wisata Bintan Terancam Limbah Kiriman Laut Internasional

Metrobatam.com Bintan – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Raja Muhammad Akib Rachim menyatakan limbah minyak (Oil spill) yang mencemari pesisir utara Bintan Kepulauan Riau mengancam sektor pariwisata.

“Limbah minyak ini jelas mengancam sektor pariwisata yang menjadi sektor unggulan Kabupaten Bintan,” kata Raja Muhammad Akib Rachim, Selasa.

Read More

Menurut dia, limbah minyak yang berasal dari laut internasional tersebut adalah kendala yang dihadapi Kabupaten Bintan setiap tahun.

“Setiap musim utara, limbah ini mencemari pantai utara dan timur Bintan,” tuturnya.

Akib mengatakan tiap tahun pula koordinasi dengan kementerian dilakukan terkait pencemaran itu. Namun sampai saat ini Bintan masih menunggu hasil dari koordinasi tersebut.

“Setiap tiap tahun kami koordinasi, tapi pencemaran di pantai Bintan tetap masih seperti ini,” tegas Akib.

Plt Sekda Bintan itu mengakui bahwa Kabupaten Bintan tidak bisa berbuat banyak terhadap permasalahan oil spill dari laut internasional yang acap kali mencemari pantai Bintan. Karena masalah tersebut adalah ranah pembicaraan antar negara.

“Pencemaran ini berdampak bagi pantai yang dikelola oleh masyarakat, karena dapat mengganggu kenyamanan wisatawan, contohnya di Pantai Trikora,” ujarnya.

Sementara untuk pantai yang dikelola swasta seperti di Lagoi, sudah memiliki tim untuk membersihkan tumpahan minyak tersebut.(MB/Antara)

Loading...

Related posts