Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi

Metrobatam.com, Batam – Tujuh ruas jalan di Kota Batam akan diperlebar pada tahun 2017, lima di antaranya menggunakan dana APBD setempat, dan dua dibiayai APBD Provinsi Kepulauan Riau.

“Pada anggaran 2017 ada penambahan ruas jalan. Ada tujuh penggal ruas jalan yang akan dibangun,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Rabu.

Dari tujuh ruas jalan itu, lima dibangun Pemkot Batam dan dua lainnya oleh Pemprov Kepri.

Pemkot Batam melaksanakan di jalan antara Hotel Planet Holiday ke Hotel The Hill. Rencananya akan dibangun dua jalur jalan, masing-masing jalur terdiri dari tiga lajur.

“Jalan di sana agak cekung, kami sepakat untuk menaikkan badan jalan di cekungan, dan pinggiran jurang akan dibuka habis,” kata Wali Kota menerangkan.

Kemudian jalan dari Simpang Telkom hingga Hotel Kolekt akan diperlebar menjadi tiga jalur di masing-masing lajur.

Seluruh kios, pohon dan halaman rumah warga yang berada di jalur itu akan digusur untuk pelebaran jalan.

Jalan dari Simpang Telkom ke ‘under pass’ Seraya, juga akan dibuat dua hingga tiga lajur di tiap jalur.

“Nanti di tembok-tembok di sana akan dihias, bisa dengan lukisan tiga dimensi untuk wahana pariwisata baru,” kata Wali Kota Rudi.

Selanjutnya Simpang Apartemen Harmoni ke Simpang Baloi, akan dibuat tiga lajur di masing-masing jalur, yang hingga kini masih terisi dua lajur jalan.

Dan jalan sepanjang Simpang BNI ke Simpang Jam, yang rencananya akan dibuat empat lajur jalan.

“Tapi belum ada kepastian daerah milik jalan (ROW), kami akan surati kembali BP Batam. Sekarang itu jalannya hanya dua hingga tiga lajur jalan. Nantinya akan dibuat empat semua. Ada pedestrian, drainase dan taman kecil,” kata Wali Kota.

Sedangkan dari APBD Kepri, akan dibangun jalan dari Simpang Frangky ke Simpang BNI, dan dari Simpang BNI ke “under pass” Seraya.

“Kami minta bantuan Pak Gubernur,” kata Wali Kota.

Mb/Antara

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...