Metrobatam.com Batam – Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan Mabes Polri akan mengalokasikan kapal ukuran relatif besar bagi Polda Kepri sebagai sarana patroli hingga perairan Natuna.

“Mabes Polri akan mengalokasikan sesuai pengajuan dari Polda Kepri. Karena saat ini kapal milik Polda Kepri hanya tipe C yang tidak mampu untuk patroli hingga perairan Natuna,” kata Boy di Batam, Jumat.

Selama ini untuk patroli hingga wilayah perbatasan di Kepulauan Natuna, Polda Kepri masih mengandalkan kapal BKO Ditpolair Baharkam Polri.

“Sejauh ini Mabes Polri masih membantu pengamanan wilayah perbatasan. Nanti Mabes akan mengalokasikan kapal-kapal yang lebih besar sebagai prioritas pengamanan laut di batas negara. Namun itu dasarnya pengajuan dari Polda sendiri,” kata Boy.

Hal tersebut, kata dia, dibutuhkan Polda Kepri karena karakteristiknya didominasi perairan, berbeda dengan kebanyakan polda pada daerah lain.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga mengatakan akan segera mengajukan tambahan kapal ukuran besar untuk menjaga keamanan wilayah Kepri.

“Kapal patroli milik Polda Kepri yang ada saat ini memang belum mampu berlayar hingga Natuna. Jadi butuh kapal lebih besar,” kata dia.

Selain itu, kata dia, sejumlah sarana dan prasarana lain juga akan diajukan guna mendukung tugas Polda Kepri mengamankan seluruh wilayah.

“Karena saat ini sudah tipe A jadi personel secara bertahap juga akan ditambah. Semua akan dilengkapi,” kata Erlangga.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Jumat pagi memimpin upacara kenaikan tipe Polda Kepri di Lapangan Mapolda Kepri. Polda Kepri menjadi salah satu dari tiga Polda yang juga naik tipe.

Pengukuhan kenaikan tipe juga dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, sejumlah pejabat utama Mabes Polri dan Gubernur Kepri. (MB/Antara)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...