Ilustrasi Jembatan Barelang

Metrobatam.com, Batam – Badan Pengusahaan Batam memastikan Jembatan Enam Barelang hanya mengalami sedikit kerusakan berupa goresan usai tertabrak kapal tunda yang hanyut pada Jumat dinihari.

“Sudah dilakukan pengecekan Jembatan Enam yang tertabrak kapal unda yang menarik tongkang bermuatan 300 Ton batu. Terdapat kerusakan ringan pada pondasi yang tergores dan satu karet fender robek,” kata Direkur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Jumat.

Berita Terkait/kapal-tunda-tabrak-jembatan-6-barelang/

Ia mengatakan, pada bagian badan jembatan yang dilihat dari ukuran pada expanson joint tidak nampak ada persegeseran akibat benturan tersebut.

“Untuk awak kapal yang menabrak jembatan itu saat ini tengah menjalani pemeriksaan oleh Polsek Galang, Polresta Barelang,” kata dia.

Dengan kondisi tersebut, Jembatan Enam Barelang masih bisa dilewati khususnya kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat berukuran kecil.

kronologi kejadian tertabraknya jembatan adalah saat tongkang yang ditarik kapal tunda sudah sandar di lokasi sekitar jembatan barelang. Namun tali pengikat putus karena arus kuat akhirnya hanyut kearah Jembatan.

Sebelum terkena jembatan sempat kandas di batu, karena arus kuat tidak mampu ditarik akhirnya menghantam jembatan.

Akibat kejadian itu tongkang lepas hingga hanyut, sementara kapal tunda sangkut di jembatan. Pihak PT Tusen sudah melihat tempat kejadian.

Tongkang tersebut bermuatan batu yang akan digunakan untuk pembangunan Waduk Sei Gong, Galang.

Sebelumnya jembatan tersebut beberapa tahun lalu juga tertabrak sebuah kapal yang labuh jangkar di kawasan Barelang. Akibat kejadian itu sebagian sisi jembatan rusak dan bergeser sekitar satu meter.

Akibat kejadian itu, jembatan tidak bisa dilalui kendaraan berat dalam waktu yang lama hingga proses perbaikan selesai dilakukan oleh petugas.

Jembatan Enam Barelang merupakan rangkaian jembatan dari Pulau Batam hingga Galang Baru yang dibangun saat Otorita Batam (kini BP Batam) dipimpin Presiden RI Ketiga BJ Habibie.

Mb/Antara

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...