Penerimaan Anggota Polri dengan Prinsip “Betah”, Polda Kepri Buka Nomor Pengaduan Pendaftaran Polisi

Kabid Humas Polda Kepri Kobes Pol S Erlangga

Metrobatam.com, Batam – Polda Kepri membuka nomor pengaduan 082173609888, email [email protected], [email protected] jika ada oknum atau pihak mengaku-ngaku bisa meloloskan pendaftar penerimaan anggota Polri yang saat ini tengah berlangsung.

“Kalau ada silakan lapor. Jangan ragu-ragu. Penerimaan ini gratis. Yang terpenting jangan mudah percaya rayuan orang-orang tidak bertanggung jawab,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kobes Pol S Erlangga di Batam, Sabtu.

Ia memastikan seluruh proses penerimaan polri berlangsung terbuka, bebas biaya, sehingga akan dihasilakan SDM Polri yang berkualitas dan berintegritas.

“Jika ada yang memberi suap atau menerima suap dua-duanya akan diproses. Jadi jangan pernah percaya dan memberikan uang pada siapapun dengan janji meloloskan dalam seleksi,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Erlangga menjelaskan bahwa penerimaan anggota Polri akan dilaksanakan sesuai dengan prinsip “betah” yang artinya, bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Untuk menjaga netralitas dan bersih dari KKN, kata dia, Polda Kepri juga diawasi secara ketat oleh tim pengawas internal terdiri dari Itwasda, Propam dan Tim Saber Pungli, maupun eksternal, seperti, Ombusmen, LSM dan media massa.

“Kami sejak beberapa waktu lalu juga sudah membuka bimbingan bagi yang berminat jadi polisi secara gratis. Tujuannya semua bisa memenuhi syarat sehingga bisa lolos dalam seleksi,” kata Erlangga.

Sejak 14 Maret 2017, penerimaan anggota Polri untuk Brigadir, Tamtama, dan Akpol sudah mulai dibuka di Polda Kepri.

Untuk calon Brigadir kuotanya sebanyak 227 orang yang nantinya akan menjalani pendidikan di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Kabupaten Karimun.

Sementara untuk Tamtama dan Akpol kuotanya akan ditentukan oleh Mabes Polri sesuai dengan kebutuhan.

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian sebelumnya juga meminta agar kualitas SPN Tanjung Batu ditingkatkan sehingga lulusan yang dihasilkan bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Tahun ini banyak yang akan dididik. Jadi kualitasnya harus ditingkatkan agar lulusan mampu menjalankan tugas sebagai polisi dengan baik mengingat tantangan ke depan semakin kompleks,” kata dia.

Antara

Pos terkait