Krisis Pangan Dunia, 4 Negara Terancam Kelaparan di Tahun 2017

Metrobatam, Jakarta – Tahun lalu, krisis pangan dunia semakin memburuk dan tampaknya keadaan akan bertambah parah di tahun 2017. Diumumkan oleh Food Security Information Network (FSIN), beberapa negara akan bertambah tinggi risiko kelaparan.

“Ada risiko tinggi kelaparan di beberapa daerah di Timur Laut Nigeria, Somalia, Sudan Selatan dan Yemen. Penyebab kelaparan di keempat negara ini karena adanya konflik bersenjata, kekeringan dan keruntungan makro ekonomi,” umum FSIN.
Pilihan Redaksi

Read More

FSIN, yang disponsori oleh agensi pangan PBB, World Food Programme dan International Food Policy Research Institute, menyebutkan jika permintaan untuk bantuan kemanusiaan meningkat.

Lebih lanjut FSIN menjelaskan jika ada 108 juta orang yang dilaporkan menghadapi tingkat kritis kerawanan pangan pada 2016. Angka ini merupakan angka penambahan drastis dari angka tahun sebelumnya yang tercatat sekitar 80 juta orang.

FSIN menggunakan 5 skala fase dimana tingkat ketiga diklasifikasi sebagai tahap krisis, keempat bahaya, dan kelima sebagai kelaparan atau malapetaka.

“Pada 2017, penyebaran daerah rawan pangan akan terjadi di Irak, Suriah (termasuk para pengungsi di negara tetangga), Malawi dan Zimbabwe,” seperti yang dilaporkan FSIN. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts