Madrid – Real Madrid sukses menyingkirkan Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions. Los Blancos lolos ke semifinal setelah menang 4-2 di leg kedua dalam laga yang diwarnai hat-trick Cristiano Ronaldo.

Pertandingan di Santiago Bernabeu, Rabu (19/4) dinihari WIB, berlangsung seru dan menghasilkan banyak peluang. Akan tetapi, hingga berakhirnya babak pertama, skor kacamata belum berubah.

Penalti Robert Lewandowski pada menit ke-53 membawa Bayern memimpin 1-0. Madrid kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol Ronaldo pada menit ke-76. Gol bunuh diri Sergio Ramos pada menit ke-78 membuat Bayern unggul 2-1. Pada menit-menit akhir babak kedua, gelandang Bayern Arturo Vidal diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Hingga 2×45 menit berakhir, Bayern tetap unggul 2-1. Karena skor agregat sama kuat 3-3 dan tak ada tim yang punya keunggulan gol tandang, laga pun harus berlanjut ke extra time.

Dalam extra time, Madrid yang unggul jumlah pemain mencetak tiga gol tambahan melalui Ronaldo (menit ke-105 dan 110) serta Marco Asensio (menit ke-112). Mereka pun lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 6-3.

Jalannya Pertandingan
Pertandingan langsung berjalan dalam tempo tinggi sejak kick-off. Bayern yang berada dalam posisi tertinggal akibat kekalahan di leg pertama sedikit lebih mendominasi permainan.

Arjen Robben mendapatkan sebuah peluang emas pada menit kesembilan. Dia berdiri bebas di kotak penalti Madrid ketika bola liar mendatanginya. Namun, penyelesaiannya malah tak mengarah ke sasaran.

Bayern kembali mengancam gawang Madrid empat menit kemudian, kali ini lewat Vidal. Tapi, sepakan keras Vidal dari luar kotak penalti masih sedikit melambung.

Madrid yang lebih sering ditekan memperoleh kesempatan pada menit ke-23. Marcelo mengirimkan umpan silang dari sisi kiri yang disambut Karim Benzema dengan sundulan kepala. Akan tetapi, sundulan Benzema melenceng.

Berselang tiga menit, giliran Dani Carvajal yang punya kans. Carvajal melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang memaksa Manuel Neuer melakukan penyelamatan.

Ramos nyaris membawa Madrid unggul beberapa saat kemudian. Dia menyambar bola liar di kotak penalti dengan sebuah tembakan keras yang berada di luar jangkauan Neuer. Sial buat Ramos, masih ada Jerome Boateng yang membendung bola sebelum masuk gawang.

Toni Kroos juga menyia-nyiakan peluang yang diperolehnya pada menit ke-35. Kroos menyambar bola operan dari Carvajal, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Peluang terakhir di babak pertama juga jadi milik Kroos. Namun, tembakan mendatarnya mengarah tepat ke tangkapan Neuer.

Percobaan Isco pada menit ke-50 nyaris membuahkan gol pembuka untuk Madrid. Akan tetapi, sepakannya masih melenceng tipis.

Tak berselang lama, giliran Robben yang nyaris menjebol gawang Madrid. Sontekannya tak bisa dijangkau Keylor Navas, tapi masih ada Marcelo yang menyundul bola di garis gawang.

Wasit menghadiahkan penalti untuk Bayern pada menit ke-53 setelah Casemiro menjatuhkan Robben. Hadiah penalti ini tak disia-siakan oleh Lewandowski. Eksekusinya mengecoh Navas dan membawa Bayern unggul 1-0.

Skor agregat pun berubah menjadi sama kuat 2-2. Namun, Madrid masih punya keuntungan berkat dua gol tandang yang mereka cetak di Munich.

Tak berselang lama setelah penalti Lewandowski, Bayern sebenarnya punya peluang emas untuk memperbesar keunggulannya. Vidal langsung berhadapan dengan Navas setelah mendapatkan umpan matang dari Robben. Namun, penyelesaian Vidal melambung.

Butuh satu gol lagi untuk lolos, Bayern terus menggempur Madrid. Tim tuan rumah pun lebih sering terkurung di wilayah mereka sendiri.

Namun, justru Madrid yang berhasil mencetak gol penyama saat pertandingan memasuki menit ke-76. Ronaldo, yang sebelumnya tak punya banyak peluang, menjebol gawang Bayern lewat sundulan kepalanya dengan memaksimalkan umpan silang Casemiro. Skor berubah jadi 1-1 dan Madrid kini unggul agregat 3-2.

Skor tersebut tak bertahan lama. Dua menit kemudian, Bayern unggul 2-1 berkat gol bunuh diri Ramos. Ramos bermaksud menjauhkan bola dari Thomas Mueller, tapi malah mendorongnya ke gawang sendiri. Navas yang sudah terlanjur maju pun tak bisa berbuat banyak. Agregat sekarang 3-3 dan tak ada tim yang punya keunggulan dalam hal gol tandang.

Memasuki menit ke-84, Bayern kehilangan satu pemainnya. Vidal harus meninggalkan lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua akibat tekelnya terhadap Asensio. Tayangan ulang memperlihatkan bahwa sebenarnya tekel Vidal bersih.

Hingga selesainya waktu normal, skor tak berubah. Laga pun harus berlanjut ke extra time.

Keunggulan jumlah pemain membuat Madrid lebih mendominasi di extra time. Asensio punya peluang pada menit ke-98, tapi tembakannya dimentahkan Neuer.

Saat laga memasuki menit ke-105, Ronaldo mencetak gol keduanya untuk menyamakan skor jadi 2-2. Usai menerima umpan matang dari Ramos, dia menjebol gawang Bayern lewat tembakan kaki kirinya. Namun, gol ini cukup kontroversial karena Ronaldo berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Ramos.

Ronaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-110 untuk melengkapi hat-trick-nya. Gol ini tercipta berkat aksi menawan Marcelo, yang menembus lini pertahanan Bayern dengan melewati tiga pemain lawan. Melihat Ronaldo dalam posisi bebas, Marcelo mengoperkan bola kepadanya. Ronaldo pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong. Madrid berbalik memimpin 3-2.

Gol Ronaldo bukan gol terakhir pada laga ini. Pada menit ke-112, Asensio memantapkan kemenangan Madrid lewat golnya. Dia sukses memenangi duel dengan Mats Hummels sebelum menaklukkan Neuer melalui tembakan ke pojok bawah gawang. Gol ini memastikan Madrid menang 4-2 dan memastikan satu tempat di semifinal.

Susunan Pemain
Real Madrid: Navas; Carvajal, Nacho, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos (Kovacic 115′); Isco (Vazquez 71′), Benzema (Asensio 64′), Ronaldo

Bayern Munich: Neuer; Lahm, Boateng, Hummels, Alaba; Alonso (Mueller 75′), Vidal, Thiago; Robben, Ribery (Costa 71′), Lewandowski (Kimmich 88′).(mmb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kominfo Rilis 23 Hoaks, Termasuk Neno Sebut Prabowo Rasul

Metrobatam, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Subdit Pengendalian Konten Internet merilis temuan hoaks seputar Pemilu 2019 per Sabtu, 20 April 2019....

Kisah Petugas KPPS Lebak Meninggal Saat Sujud Salat

Metrobatam, Lebak - Petugas KPPS di Lebak, Banten, Jumri meninggal karena kelelahan selama proses hitung suara. Sempat izin untuk salat subuh saat penghitungan C1...

PDIP Curigai Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang di Surabaya

Metrobatam, Surabaya - Bawaslu Surabaya merekomendasikan penghitungan suara ulang di seluruh TPS Surabaya. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menilai sikap Bawaslu...

KASN Tolak Gabung jika TPF Kecurangan Pilpres 2019 Dibentuk

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menolak bergabung jika kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat membentuk...

Selama Pemilu 54 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal

Metrobatam, Jakarta - KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah...

Caleg PDIP Ditangkap di Kasus Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi

Metrobatam, Sungai Penuh - Polisi menangkap 3 pelaku kasus pembakaran 15 kotak surat suara DPRD di Sungai Penuh, Jambi. 3 orang yang ditangkap 1...

Menlu Ditemui Dubes Sri Lanka, RI Siap Beri Bantuan Pascateror Bom

Metrobatam, Jakarta - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi. Dalam pertemuan itu,...

Bawaslu Kota Tanjungpinang akan Perketat Pengawasan 5 TPS PSU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang akan perketat proses pengawasan terhadap 5 TPS yang akan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini...

Istri Almarhum Sys NS Menikah Lagi

Metrobatam, Jakarta - Penyiar senior Sys NS telah berpulang 2018 lalu. Kini, sang istri diketahui telah memutuskan untuk menikah lagi. Istri almarhum Sys NS, Shanty,...

Menkes: Boleh Bangga Punya MRT, Tapi Jangan Jadi Sarang TBC

Metrobatam, Jakarta - Penyakit menular masih menjadi ancaman di Indonesia. Tuberkulosis (TBC atau TB) merupakan salah satu dari banyak penyakit yang masih menjadi beban...

Danlantamal IV Pimpin Apel Khusus

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memimpin pelaksanaan Apel Khusus di Lapangan...

PLN Tanjungpinang Ajak Ibu-ibu Masak Tanpa Api

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019, PLN Tanjungpinang mengadakan lomba memasak menggunakan kompor induksi. Manajer PLN UP3 Tanjungpinang, Fauzan juga mengajak...