Granada – Barcelona terus membayangi Real Madrid. Barca meraih angka maksimal setelah berhasil mempermalukan Granada dengan skor telak 4-1.

Dengan demikian, Blaugrana mengembalikan jarak dua poin dengan Madrid yang kini duduk di posisi teratas klasemen sementara. Los Cules menghuni peringkat kedua dengan perolehan 66 poin hasil 29 laga, satu laga lebih banyak daripada rival abadinya itu.

Bermain di Los Carmenes, Senin (3/4) dinihari WIB, Granada menyudahi pertandingan dengan 10 orang. Menyusul kartu merah Uche Agbo di sepuluh menit terakhir akibat menerima kartu kuning kedua.

Luis Suarez membuka keunggulan Barca di akhir babak pertama. Granada sukses menyamakan skor melalui Jeremie Boga lima menit setelah turun minum.

Pemain pengganti Paco Alcacer menambah gol Barca lainnya di menit 64, sebelum Matthieu Saunier mencetak gol bunuh diri untuk menguntungkan tim lawan di 10 menit terakhir. Neymar menggenapkan dominasi Barcelona dengan gol di masai injury time

Jalannya Pertandingan
Barcelona mendominasi penguasaan bola dan melakukan inisiatif serangan sedari awal. Akan tetapi, Granada solid dalam bertahan.

Peluang berarti Barca baru tercipta di menit 19. Dari sebuah umpan diagonal, sepakan voli Neymar dari dekat tiang masih melebar. Kurang dari 10 menit kemudian, Guillermo Ochoa melakukan penyelamatan dari tembakan jarak dekat Suarez. Bola rebound diteruskan Paco Alcacer namun belum tepat sasaran.

Barca semakin dekat dengan gol pertamanya. Di menit 25, tembakan cukilan Suarez menghantam mistar gawang, Neymar yang mencecar bola dan menceploskan ke gawang tapi gol dianulir karena offside.

Granada menumpuk pemain di lini tengah, sehingga Barca mesti mengandalkan serangan dari sayap. Di menit 34, Luis Suarez melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan gawang tapi masih mentah usai ditepis Ochoa menggunakan kakinya.

Empat menit kemudian, Barca melewatkan peluang menciptakan gol pembuka. Tendangan bebas yang dilakukan Neymar dari sisi kanan jatuh di kotak penalti, namun Jeremy Mathieu yang berdiri di posisi bagus gagal menjangkaunya.

Menjelang turun minum, usaha Barca akhirnya membuahkan hasil. Suarez memecah kebuntuan setelah meneruskan umpan Jordi Alba dengan tendangan cukilan yang melewati atas kepala Ochoa sebelum masuk ke gawang. Barca memimpin 1-0.

Pemain pengganti Jeremie Boga langsung memperlihatkan dampak instan usai masuk ke atas lapangan. Lima menit setelahnya, Boga menyeimbangkan permainan setelah mencetak gol balasan Granada di menit 50.

Matthieu Saunier mengirim umpan terobosan yang melepaskan Boga dari kawalan lini belakang Barca. Dalam situasi satu lawan satu dengan Marc-Andre Ter Stegen, Boga melesakkan tembakan mendatar yang sempat membentur tiang jauh sebelum masuk ke gawang. Skor kini 1-1.

Selepas waktu sejam, Barcelona kembali mengambil alih kendali permainan. Paco Alcacer membawa Barca di depan usai mencetak gol di menit 64.

Suarez mengirim umpan lambung ke kotak penalti yang diterima Alcacer, untuk diteruskan dengan tembakan mendatar tanpa bisa dihentikan Ochoa.

Hanya dua menit kemudian, Barca nyaris mencetak gol ketiganya. Memanfaatkan Ochoa yang berdiri terlalu ke depan, Ivan Rakitic melepaskan tembakan lambung tapi masih bisa dihalau si kiper untuk memaksakan sepak pojok.

Situasi semakin sulit bagi Granada. Di menit 82, Agbo diusir dari permainan setelah menerima kartu kuning kedua, karena menghalangi Jordi Alba.

Barca tak butuh waktu lama untuk bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya. Di menit 83, Barca meninggalkan Granda dalam kedudukan 3-1.

Rakitic mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti Granada. Namun, Saunier yang mencoba membelokkan arah bola, justru mengirimnya ke gawang sendiri.

Dua menit menjelang waktu normal berakhir, Granada menggagalkan peluang emas Barca untuk menciptakan gol keempat. Diawali dari serangan balik, sodoran Suarez kepada Alcacer bisa disapu lini belakang Granada sebelumt terjangkau.

Namun, akhirnya, Barca mendapatkan gol keempatnya melalui Neymar setelah meneruskan umpan Alcacer yang tiba di tiang dekat. Barca memimpin 4-1.

Hanya beberapa saat jelang pertandingan bubar, sepakan kaki kanna Neymar mengenai mistar gawang. Skor 4-1 untuk keunggulan Barca tidak berubah.

Susunan Pemain
GRANADA: Ochoa; Foulquier, Saunier, Lomban, Silva (Issac Cuenca 78′), Litri; Pereira, Agbo, Angban (Boga 46′), Wakaso; Kravets (Adrian Ramos 55′)

BARCELONA: Ter Stegen; Sergi Roberto, Mascherano, Mathieu, Jordi Alba; Rakitic (Alena 87′), Busquets, Andre Gomes; Rafinha (Alcacer 17′), Suarez, Neymar.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...