Metrobatam, Jakarta – Sejak tahun 2008, peraih penghargaan Ballon d’Or selalu ada di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tahun ini, Gianluigi Buffon punya peluang untuk merusak dua pemain fenomenal tersebut.

Statistik gol yang mencengangkan dari Ronaldo dan Messi plus deretan prestasi tiap musimnya membuat kedua pemain ini bergantian meraih trofi Ballon d’Or sejak 2008. Messi telah meraih lima trofi sedangkan Ronaldo menyabet empat trofi sejak 2008.

Kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010 dan 2012, serta kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014, bahkan tak mampu mencuatkan kandidat yang bisa menyaingi Ronaldo dan Messi.

Kini, di atas kertas Ronaldo tengah unggul dibandingkan Messi dalam perburuan Ballon d’Or 2017. Ronaldo berpeluang besar meraih dua gelar, Liga Champions dan La Liga, sedangkan Messi harus menunggu Real Madrid tergelincir di La Liga dan hanya berharap pada final Copa del Rey.

Bila Ronaldo mampu mengantar Real Madrid jadi juara Liga Champions di Cardiff, maka Ronaldo kembali jadi favorit terkuat untuk jadi peraih Ballon d’Or.

Meski Messi tertinggal di belakang, bukan berarti Ronaldo tanpa saingan. Dewa pelindung Juventus, Gianluigi Buffon punya peluang besar untuk merusak dominasi Ronaldo-Messi.

Juventus hampir pasti jadi juara Serie A, telah lolos ke final Coppa Italia, dan bakal menghadapi Real Madrid di final Liga Champions. Bila Juventus mampu menaklukkan Real Madrid, maka Buffon berpeluang jadi finalis Ballon d’Or.

Pelatih Juventus, Max Allegri menegaskan keyakinannya tentang kelayakan Buffon sebagai peraih Ballon d’Or.

“Saya rasa Buffon layak mendapatkan Ballon d’Or tak peduli apapun yang terjadi tahun ini. Saya rasa ia layak mendapatkannya beberapa tahun lalu ketika ia memenangkan Piala Dunia 2006,” ujar Allegri seperti dikutip dari Marca.

Pada Piala Dunia 2006, Buffon tampil fenomenal dan membawa Italia jadi juara Piala Dunia. Namun peraih Ballon d’Or tahun itu adalah bek tengah Italia, Fabio Cannavaro. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...