313 ASN Pemko Batam Tak Hadir Apel Pertama Kerja

Walikota Batam, Muhammad Rudi saat apel perdana pasca Idul Fitri di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (3/7) (FOTO : MCB)
Metrobatam.com, Batam – Sebanyak 313 orang Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau tidak mengikuti apel pagi pertama, usai cuti bersama Idul Fitri 1438 Hijriah, Senin.
Berdasarkan laporan, sebanyak 313 dari 3.311 pegawai tidak hadir saat laporan ke pembina dalam upacara.
Wali Kota Muhammad Rudi mengaku senang dengan kedisiplinan ASN yang dianggap membaik dibandingkan tahun sebelumnya.
“Saya senang, hari ini cukup banyak yang hadir. Yang jelas sudah diapelkan, sesuai perintah Presiden melalui Menpan RB,” kata Wali Kota.
Jumlah ASN yang absen apel pagi, tidak serta merta mencerminkan jumlah yang bolos atau tidak bekerja di hari pertama. Karena kemungkinan menyusul ke kantor, meski tidak ikut upacara.
Ia meminta tiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah untuk membuat apel khusus untuk ASN yang tidak ikut apel pagi.
“Yang tidak masuk hari ini, kami lihat dulu alasannya. Kalau alasannya masuk akal, kami pertimbangkan juga. Misal ibu sakit, tidak bisa pulang. Nanti kami lihat,” kata Wali Kota.
Menurut dia, sebagian pegawai tidak ikut apel karena sedang bertugas, seperti yang berdinas di kecamatan, bagian pelayanan kesehatan, juga pegawai di pulau-pulau.
Wali Kota memaklumi ketidakhadiran seluruh ASN dalam apel perdana.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Syahir menambahkan, selain petugas kesehatan di Puskesmas dan RSUD, guru juga tidak mengikuti apel, mengingat sekolah sedang sibuk melaksanakan penerimaan peserta didik baru.
Dalam kesempata itu, ia juga meminta seluruh ASN untuk langsung menjalankan kegiatan seperti biasa, bukannya melakukan halal bihalal per kantor atau per bagian, terutama di jam kerja.
Sumber : Antara

Pos terkait