Jepang Akan Pekerjakan Robot di Stasiun Kereta Api

Metrobatam, Jakarta – Pemerintah Jepang nampaknya memahami kesulitan wisatawan kala berkunjung ke negaranya. Bahasa menjadi salah satu kendala bagi wisatawan saat berkunjung ke Negeri Sakura.

Jaminan keamanan dan kenyamanan selama berlibur mendorong pemerintah Jepang menambah jumlah robot untuk membantu wisatawan saat di stasiun kereta api.

Perusahaan kereta East Japan Railways (JR East) pada Minggu (9/7) lalu mengumumkan akan mengembangkan stasiun kereta api khusus dengan robot sebagai tenaga kerja utamanya. JRE Robotics Station- anak perusahaan Japan Railways merancang robot yang fokus membantu beragam kebutuhan wisatawan.

Salah satunya adalah robot yang bertugas membantu wisatawan memahami seluk beluk stasiun kereta dan menempuh perjalanan sesuai jadwal.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, robot lainnya juga disiapkan untuk membantu membawakan koper wisatawan. Robot ini diperbantukan terutama untuk wisatawan dengan kondisi disabilitas, yang kesulitan membawa beban berat.

Menariknya lagi, robot-robot tersebut juga diprogram untuk bisa memahami beragam bahasa untuk mengakomodir wisatawan yang tidak memahami bahasa Jepang.

Sementara robot lainnya juga disiapkan untuk menjaga kebersihan stasiun. Tak cukup sampai disitu, sebuah robot penjaga keamanan juga dibekali kemampuan untuk mendeteksi tindak kejahatan hingga aksi pencopetan.

Mengutip CNet, JRE Robotic Station sejauh ini belum mengumumkan kapan robot-robot tersebut akan wara-wiri di stasiun kereta api di Jepang. Mengingat, semuanya robot-robot tersebut masih dalam tahap pengembangan. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait