Selamat Tinggal, Microsoft Hentikan Dukungan Paint di Windows

Metrobatam, Jakarta – Setelah 32 tahun eksis dari satu versi Windows ke versi lainnya, Microsoft Paint akhirnya menemui titik nadir. Microsoft akhirnya memasukkan aplikasi penyuntingan gambar legendaris itu ke dalam jajaran perangkat lunak yang tak akan diperbaharui.

Pengguna tidak akan menemukan ikon Paint lagi di pembaharuan sistem operasi Microsoft berikutnya.

Sebagai gantinya, Microsoft bakal menyematkan Paint 3D sebagai aplikasi penyunting gambar bawaan di komputer Windows. Paint 3D diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2016 lalu.

Namun laporan CNN menyebutkan bahwa Microsoft Paint tak akan benar-benar hilang. Berdasarkan keterangan juru bicara Microsoft kepada CNN, Paint tetap bisa ditemukan di Windows Store. Satu hal yang pasti, Paint tak lagi mendapat pembaruan dari Microsoft.

Bacaan Lainnya

Microsoft Paint sendiri sudah menemani para pengguna komputer Windows sejak 1985, tepatnya di sistem Windows 1.0. Semenjak itu Paint selalu hadir di tiap sistem operasi Windows.

Paint merupakan aplikasi penyunting gambar dengan kemampuan sederhana seperti crop atau resize. Kendati demikian, Paint ternyata masih banyak digunakan. Microsoft menyatakan hingga akhir tahun lalu, pengguna Paint setiap bulannya masih di atas 100 juta.

Selain Paint, ada beberapa aplikasi yang terancam akan ‘dicampakkan’ oleh Microsoft seperti Outlook Express, Microsoft Reader, dan Reading List. Aplikasi-aplikasi tersebut terancam hilang di pembaharuan Windows 10 berikutnya. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait