Metrobatam, Jakarta – Indonesia harus menelan kekalahan telak 0-3 di tangan Malaysia pada laga pertama babak kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Nasional Thailand, Bangkok, Rabu (19/7). Seluruh gol Malaysia tercipta di babak pertama.

Indonesia sudah kebobolan di menit keempat saat pemain Malaysia, Safiq Ahmad, menggetarkan gawang yang dijaga oleh Satria Tama.

Safiq mampu lepas dari pengawalan lini belakang Indonesia dan dengan dingin menaklukkan Satria Tama dalam duel satu lawan satu.

Babak pertama sendiri jadi neraka bagi Indonesia karena Malaysia mampu menciptakan dua gol tambahan di 45 menit pertama.

Jafri Firdaus membuat Malaysia unggul 2-0 di menit ke-19. Jafri menyundul bola hasil tendangan bebas dan keputusan Satria Tama yang coba keluar memotong bola menjadi salah satu faktor terjadinya gol ini.

Indonesia makin terpuruk saat Malaysia mencetak gol ketiga di menit ke-30. Rapuhnya lini pertahanan Indonesia membuat N. Thanabalan terbebas dan dengan mudah menyundul bola masuk ke dalam gawang.

Pada babak kedua, Indonesia berusaha mengejar ketinggalan 0-3. Salah satu peluang terbaik Indonesia ada di menit ke-62 saat tembakan Hargianto mampu ditepis oleh kiper Malaysia, Ifwat Akmal.

Beberapa menit kemudian, Febri Haryadi sempat melewati kiper Malaysia, namun sudut yang sempit membuatnya sulit mengarahkan bola ke gawang.

Indonesia malah harus bermain dengan 10 pemain saat Asnawi Bahar mendapatkan kartu merah di menit ke-70.

Kehilangan satu pemain membuat Indonesia makin sulit membongkar pertahanan Malaysia. Indonesia pun mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 0-3.

Selepas kekalahan dari Malaysia, Indonesia wajib meraup poin maksimal saat menghadapi Mongolia (21/7) dan Thailand (23/7). Ada 15 tim yang akan lolos dari babak kualifikasi Piala Asia ini dengan rincian 10 juara grup dan lima runner up terbaik, plus tuan rumah China. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...