Ketua KPK Diminta Bersiap Penuhi Panggilan Pansus Angket

Metrobatam, Jakarta – Panitia khusus hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mewacanakan bakal mengundang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahadjo ke dalam forum pansus.

Wakil Ketua Pansus Angket KPK Masinton Pasaribu mengatakan belum ada agenda memanggil Agus. Namun, yang bersangkutan diminta mempersiapkan diri.

“Agus siapkan saja dirinya nanti untuk dipanggil ke Pansus angket sebagai pimpinan KPK,” kata Masinton di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/8).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengklaim, pemanggilan Agus tidak akan menyasar pada penanganan kasus korupsi yang tengah diproses di KPK.

Bacaan Lainnya

Pansus, kata dia, hanya akan meminta penjelasan atas kinerja KPK berdasarkan Undang-undang (UU), penggunaan anggaran serta pengawasan. “Jadi KPK kerja saja, tidak usah dikait-kaitkan (dengan kasus),” kata Masinton.

Selain itu, menurut Masinton, pemanggilan itu juga untuk mengklarifikasi keterangan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang pernah menyebut Agus Rahardjo terlibat dalam proyek pengadaan e-KTP. Gamawan mengatakan itu kala diperiksa penyidik KPK, Oktober tahun lalu.

Saat itu Gamawan menyebut keterlibatan Agus dalam kapasitasnya sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) saat proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bergulir.

Agus sendiri pernah diperiksa penyidik KPK. Masinton mempertanyakan posisi Agus saat pemeriksaan, apakah sebagai Ketua KPK atau mantan Ketua LKPP

“Baiknya memang jangan ada conflict of interest dalam penanganan kasus ini. Kayak kemarin kan bisa ditanyakan pada posisi ketika agus diperiksa KPK,” kata Masinton.

Sebelumnya, Pansus Angket KPK menyatakan akan menghadirkan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum untuk memverifikasi dugaan keterlibatan Ketua KPK Agus Rahardjo dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Pemanggilan Gamawan merupakan kesepakatan dalam rapat evalusi Pansus Angket KPK atas sejumlah temuan yang diperoleh selama ini. Pemanggilan Gamawan akan dibahas dalam waktu dekat. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait