52 Desa di Banjarnegara Alami Kekeringan

Metrobatam, Banjarnegara – Jumlah desa yang mengalami kekeringan di Banjarnegara terus bertembah. Sebanyak 52 desa di 12 kecamatan mengalami kekeringan.

Wilayah yang terjadi kekeringan atau kekurangan pasokan air bersih ada di wilayah Banjarnegara bagian barat dan selatan. Warga di desa yang mengalami kekeringan sudah meminta kepada pemerintah kabupaten untuk dilakukan droping air bersih.

Kepala pelaksana harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD, sebanyak 52 desa mengalami kekeringan. Namun baru tujuh desa yang sudah meminta untuk dilakukan droping air bersih.

“52 desa ini berada di 12 kecamatan rata-rata di Banjarnegara wilayah selatan dan barat,” kata Arief di kantor BPBD, Selasa (15/8).

Bacaan Lainnya

Untuk melakukan droping tersebut kata dia, BPBD akan melakukan koordinasi dengan dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat. Pengiriman air bersih akan dilakukan di beberapa titik kumpul warga yang memudahkan dijangkau oleh mobil tangki.

“Dari 7 desa yang mengajukan droping, sampai saat ini, baru 5 desa yang sudah dilakukan,” kata dia.

Untuk melakukan droping air bersih lanjut dia, ada 6 mobil tangki kapasitas 5 ribu liter yang siap menuju lokasi. Sebanyak 6 armada tersebut, sebanyak 3 tangki merupakan milik BPBD dan 3 tangki lainnya milik PDAM.(mb/okezone)

Pos terkait