JK: RI Daftarkan 16 Ribu Pulau agar Sipadan-Ligitan Tak Terulang

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengatakan bila Indonesia mendaftarkan nama-nama 16.056 pulau ke PBB. Tindakan itu untuk mencegah kasus Sipadan-Ligitan tak terjadi lagi.

“Tapi yang terpenting kalau terdaftar itu secara mutlak tidak akan terjadi lagi masalah-masalah kayak kemarin di Sipadan-Ligitan karena tidak terdaftar menjadi hilang,” ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/8).

JK mengatakan tidak ada penambahan pulau baru di wilayah Indonesia dan sekitar 3 ribu pulau di Indonesia dihuni oleh masyarakat. Oleh karenanya, pendaftaran nama pulau menjadi hal penting.

“Banyak pulau kita memang pulau kecil tidak dihuni. Jadi kalau semua dihuni tentu banyak program daerah terluar atau infrastruktur di situ, tapi yang tidak berpenghuni tentu dipelihara sebagai suatu daerah Indonesia tapi harus memenuhi syarat-syarat internasional,” kata JK.

Bacaan Lainnya

Meski ada banyak pulau kecil di Indonesia, biasanya orang-orang memilih tinggal di pulau kecil adalah para nelayan. “Kan pulau tidak semuanya besar, mungkin bisa nelayan atau macam-macam,” ucapnya.(mb/detik)

Pos terkait