Ketua MPR: Naskah Doa Tifatul Tak Ada Kata Agar Jokowi Gemuk

Metrobatam, Jakarta – Anggota Fraksi PDIP Tubagus Hasanuddin menyatakan politisi PKS Tifatul Sembiring tidak sepantasnya mendoakan tubuh Presiden Joko Widodo bertambah gemuk saat membaca doa di agenda kenegaraan.

Sebagai seorang tokoh agama, mantan menteri, dan kader partai berideologi agama, menurut Tubagus, Tifatul seharusnya lebih menyadari doanya tersebut tidak boleh diucapkan.

“Saya menyesalkan beliau (Tifatul) melakukan doa seperti itu,” ujar Tubagus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8).

Purnawiran Jenderal bintang dua ini menyesalkan doa Tifatul, karena Tuhan melarang sesama manusia menilai fisik manusia lain. Apalagi, kata dia, penilaian tersebut menjadi bahan lelucon dan dilakukan di depan umum.

Bacaan Lainnya

Tubagus menilai doa yang disampaikan Tifatul seharusnya berisi hal-hal baik. Ia pun berkata, setiap doa harus diungkapkan dengan rasa ikhlas dan khusyuk.

“Allah tidak mengizinkan kita, bahkan melarang dengan keras masuk dalam ke ranah pribadi, (seperti berkata) gemuk, kurus, hitam, pendek dalam doa,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua MPR Zulkifli Hasan membenarkan, Tifatul telah menyerahkan naskah doa kepadanya sejak tiga hari sebelum acara. Namun, ia mengaku, dalam naskah doa itu tak ada ‘agar Jokowi gemuk’.

“Ya kalau dilaporkan dengan yang dibacakan kan beda,” ujar Zulkifli di Gedung MPR, Jakarta.

Meski kecewa, Ketum PAN ini enggan membahas lebih jauh ucapan Tifatul tersebut. Ia hanya berharap, semua pihak yang menerima amanah untuk membaca doa kenegaraan harus lebih bijak.

“Jadi kita beginilah kalau acara-acara kenegaraan itu saya kira memang harus bijak. Kenapa sih tidak saling menyenangkan gitu,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS di MPR Tifatul Sembiring menyindir postur Presiden Joko Widodo saat membacakan doa penutupan sidang bersama MPR, DPR, dan DPD di Ruang Sidang Paripurna I, Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu (16/8).

Dalam doanya tersebut, Tifatul meminta kepada Tuhan agar badan Jokowi digemukkan. Ia merasa tubuh Jokowi semakin kurus semenjak menjadi Presiden.

“Gemukkanlah badan beliau ya Allah. Karena kini terlihat semakin kurus,” ujar Tifatul. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait