Metrobatam, Jakarta – Nama Khofifah Indar Parawansa mencuat sebagai salah satu calon kontestan yang bakal maju dalam arena Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Menteri Sosial itu dikabarkan menghadap Presiden Joko Widodo untuk meminta restu.

Khofifah mengaku sudah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik di DPRD Jatim. Jumlah kursi partai politik itu diklaim sudah cukup menjadi tiket baginya melenggang menjadi calon gubernur di Pilgub Jatim 2018.

Khofifah nampak malu-malu dan enggan menjawab ketika berulang kali dikonfirmasi langkahnya ‘hijrah’ ke Jatim.

“Peta kursi di Jatim sesuai dengan prasyarat seseorang untuk mencalonkan gubernur dan cawagub. Cukup sih cukup untuk berangkat,” ujar Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8).

Kendati demikian, politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu enggan menyebutkan partai-partai mana saja yang mendukung langkahnya. Dia mengaku sudah intens menjalin komunikasi dan bersilaturahmi dengan sejumlah partai politik.

Khofifah sampai saat ini belum mengambil formulir bakal calon ke parpol pendukungnya. Padahal, formulir itu menjadi syarat untuk menjadi bakal calon. Menurutnya, hal itu ia lakukan untuk menjaga etika jabatannya kini.

“Jadi saya tetap menjalankan sesuai dengan tugas, fungsi, dan mandat yang diwenangkan kepada kami,” tutur Ketua Muslimat NU ini.

Khofifah menyatakan langkahnya ke Jatim akan lebih baik apabila mendapat restu dari Presiden Joko Widodo.

Tadi pagi, Khofifah menghadap Jokowi di Istana Kepresidenan. Khofifah enggan menyampaikan kemungkinan pembahasan Pilgub Jatim dalam pertemuan internal sekitar satu jam itu.

Pertemuan Jokowi dan Khofifah hari ini merupakan yang kedua setelah sempat bertemu awal Agustus lalu. Khofifah juga sempat terlihat kaget ketika dikonfirmasi mengenai pertemuan awal Agustus itu.

Pertemuan tersebut bertepatan dengan mencuatnya isu soal rencana Khofifah maju dalam Pilgub Jatim 2018. Belakangan dikabarkan, Khofifah akan mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial untuk memuluskan rencananya melenggang ke arena petarungan Pilgub Jatim. (mb/okezone)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...