Masa Hidup Satelit Telkom 1 Sudah Berakhir

Metrobatam, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menegaskan kelanjutan nasib satelit Telkom 1 yang menghadapi anomali pada Jumat (25/8).

Menurutnya, gangguan yang dihadapi besar kemungkinan akan berujung pada berakhirnya masa operasional satelit Telkom 1. Hal itu ditegaskannya usai melakukan pertemuan dengan Dirut PT Telkom, Alex J. Sinaga terkait kelanjutan satelit Telkom 1.

“Satelit Telkom 1 tidak bisa diapa-apakan lagi, secara teknis sudah tidak akan berfungsi normal karena terjadi glitch di atas,” ungkap saat ditemui di Grha XL, Jakarta, Selasa (29/8).

Padahal, Lockheed Martin, pabrikan satelit Telkom 1 menilai satelit ini dalam kondisi baik dan seharusnya masih layak pakai sampai 2019 nanti.

Bacaan Lainnya

Untuk mengatasi hal itu, Rudi menegaskan salah satu solusinya yakni sesegera mungkin memindahkan data pengguna, apapun konsekuensinya. “Itu kelangsungan bisnis juga, bukan hanya dilihat kelangsungan bisnis Telkom. Tapi demi bisnis penggunanya juga yaitu perbankan, VSAT, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, Rudiantara menduga salah satu penyebab anomali satelit Telkom 1 lantaran fuel atau baterai yang tidak bisa berfungsi sehingga harus segera dikeluarkan dari orbit.

“Kalau saya cek, mungkin baterainya sudah tidak berfungsi. Kalau sudah begini, sisa baterai dipakai untuk keluar dari orbit. Tentu secara tekni satelitnya sudah tidak bisa dipakai lagi,” imbuhnya menambahkan.

Untuk menjaga slot Telkom 1 yang kosong, Rudi menegaskan pemerintah akan membantu Telkom melakukan suspen atas slot tersebut. Mengingat, slot yang kosong itu rencananya akan ditempati satelit Telkom 4 yang akan diluncurkan pertengahan 2018 nanti.

Terkait usia orbit satelit yang disebutnya sudah tua, ia mengatakan umumnya usia satelit hanya mencapai 15 tahun. Usia satelit Tekom 1 yang mencapai 18 tahun menurutnya lantaran ada perjanjian khusus antara Telkom dan Lockheed Martin.

“Pihak Telkom dan Lockhead Martin sampai saat ini masih melakukan investigasi kenapa bisa tidak berfungsi. Memang secara umum satelit beroperasi hingga 15 tahun, tetapi dengan perjanjian khusus antara Telkom dan Lockhead Martin usianya bisa lebih dari itu mencapai 18 atau 20 tahun,” pungkasnya. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait