Polair Polda Kepri Cari Korban Tabrakan Kapal Perang AS USS John S Mc Cain

Kapal perang Amerika Serika, USS John S. McCain. Kapal ini tabrakan dengan kapal niaga di dekat Singapura pagi ini (21/8/2017). Foto/REUTERS/Declan Barnes

Metrobatam.com, Batam – Personil Polisi Perairan Polda Kepri dan Polres Bintan turut mencari korban tabrakan antara kapal perang AS USS John S Mc Cain dengan kapal niaga berbendera Liberia MV Alnic MC di Timur Laut Horsburgh Lighthouse, Senin pagi.

“Ya, Polair Polda dan Polres Bintan bantu cari di wilayah teritorial Indonesia,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pada Antara di Batam, Kepulauan Riau, Senin siang.

Read More

Proses pencarian, kata dia, memang difokuskan pada perairan Indonesia yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Pencarian fokus pada wilayah perairan Indonesia,” kata dia.

Berdasarkan informasi, Senin pagi pukul 06.24 pagi, telah terjadi tabrakan di laut antara USS John S Mc Cain yang menuju Singapura dengan kapal niaga berbendera Liberia MV Alnic MC. Insiden tersebut terjadi pada posisi sekitar 5 Nm Timur Laut Horsburgh Lighthouse.

Kapal MC Alnic yang berbendera Liberia adalah sebuah kapal pengangkut minyak berukuran panjang 183 meter atau kapal pengangkut bahan kimia dengan bobot 50.760 ton, menurut data pengangkutan Thomson Reuters Eikon.

Kapal perang Amerika tersebut mengalami kerusakan di bagian buritan lambung kiri.

Diperkirakan 10 orang personel hilang.

Saat ini MMEA dan RMN turut melaksanakan operasi SAR dengan mengerahkan 1 kapal dan 2 fast boat, dibantu oleh PCG & RSN.

Lokasi tabrakan yang terjadi pada pukul 06.24 WIB Senin pagi tersebut berdekatan dengan wilayah perairan Kepulauan Riau.

Selain Polda Kepri, pihak Bea dan Cukai Khusus Batam juga menurunkan kapal untuk patroli mengantisipasi korban terbawa ke perairan Kepri.

Peristiwa itu adalah kecelakaan kedua yang melibatkan kapal perusak Angkatan Laut AS di perairan Asia dalam dua bulan belakangan.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari Polda Kepri maupun BC Batam atas upaya pencarian yang sudah dilakukan sejak Senin pagi.

Antara

Loading...

Related posts