Aktualisasikan Semangat Tahun Baru 1439 Hijriyah

Metrobatam.com, Bintan – Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengajak umat Islam untuk mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah guna meningkatkan seluruh aspek kehidupan manusia. Menurutnya, karena hal ini merupakan salah satu esensi yang harus dipetik dari semangat pergantian Tahun Baru Hijriyah 1439.

Dirinya juga menuturkan bahwa pengalaman hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah sebagai dasar penetapan Tahun Baru Hijriyah merupakan tonggak sejarah yang telah mengubah peta baru dalam sejarah Islam dan sejarah peradaban umat manusia di muka bumi ini dan merenungi peristiwa tersebut banyak mengandung hikmah yang besar bagi kehidupan umat Islam.

” Salah satu fenomena yang harus kita singkirkan adalah terjadinya kerusakan moral dan akhlak yang menggoyahkan sendi – sendi kehidupan kita sebagai bangsa yang beradab dan beragama. Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H ini, kita semarakkan agar kita mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan, lihatlah betapa sedihnya saudara-saudara muslim Rohingya kita di sana, maka mari kita jaga kerukunan kita bersama dan memulai menegakkan syiar-syiar agama ” ujarnya saat Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H Tk Kabupaten Bintan di Mesjid Besar Nurul Iman – Kijang, Rabu, Malam (20/9).

Ditambahkannya juga, bahwa pada tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menggalakkan program Rumah Tahfiz. Dirinya berharap agar hal ini dapat dijadikan suatu semangat baru, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bintan agar dapat bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan bisa mewujudkan generasi yang Qurani.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim, M.Si dalam tausiyahnya mengatakan bahwa Hijrah mengharuskan kita bangkit bersama menuju peradaban bangsa yang berkemajuan, berkeadilan, berkesejahteraan, dan berkeadaban. Pesan moralnya bahwa spirit hijrah adalah semangat perubahan dan perbaikan tanpa henti menuju peningkatan kualitas iman, ilmu, dan takwa, ketakwaan personal dan sekaligus ketakwaan sosial. Hijrah mental spiritual menghendaki kita meninggalkan mindset dan budaya lama yang merugikan bangsa.

” Hijrahnya kita dari mental jahiliah ke mental islami, menjadi sesuatu yang penting disaat sekarang ” ujar pria yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Karimiyah Desa Braji – Jawa Timur.

Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H Tk Kabupaten Bintan di Mesjid Besar Nurul Iman Kijang ini, juga dihadiri sejumlah FKPD Kabupaten Bintan, Anggota DPRD Kabupaten Bintan, Kepala OPD Kabupaten Bintan dan Tokoh-tokoh Masyarakat sekitar. Kemeriahan Menyambut Tahun Baru Islam 1439 H, juga di isi dengan lantunan marawis lagu-lagu islami di halaman mesjid. Diketahui juga, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos turut menyerahkan sejumlah bantuan berupa Insentif untuk Guru Ngaji, Imam dan Penjaga Mesjid, Mubaligh/Mubalighah serta Petugas Fardu Kifayah. Serta diikuti dengan Penyerahan Dana Operasional RT/RW , LPM dan BPD di Triwulan III.

Budi Mb

Pos terkait